Survei IPI: Basli Ali Menguat di Pilkada Selayar – Radar Selatan

Radar Selatan

Sinjai / Selayar

Survei IPI: Basli Ali Menguat di Pilkada Selayar

Bakal Calon Bupati Selayar yang bersaing kuat‎, Saiful Arif dan Ince Langke terancam disalip rivalnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Wakil Ketua DPRD Selayar, Muh Basli Ali. Hal itu berdasarkan survei Indeks Politica Indonesia (IPI), pada 23 Februari-10 Maret 2015.

Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir menjelaskan, Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif, sementara masih memimpin dengan elektabilitas 29,8 persen, disusul mantan anggota DPRD Sulsel, Ince Langke‎ dengan elektabilitas 17 persen.

Sementara Basli Ali berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas masih 11,8 persen.

Diperingkat ‎keempat, Ketua DPD PAN Selayar, Abd Gani membayangi dengan elektabilitas 9,2 persen.
“Posisi Saiful dan Ince rawan karena sebagai pemain lama, keduanya seharusnya sudah memimpin dengan elektabilitas di atas 35 persen. Saiful dan Ince sama-sama sudah dua kali mengikuti Pilkada Selayar,” kata Suwadi ditemui wartawan di Warkop Sija, Mal Panakkukang, Makassar, Minggu (15/3).

Ia memaparkan, Ince Langke merupakan rival Bupati Selayar, Syahrir Wahab pada pilkada 2005 silam. Begitupun Saiful yang berpengalaman mendampingi Syahrir di Pilkada 2010.

Suwadi menyebut, variabel Ince Langke dan Saiful adalah rendahnya strong voters atau pendukung fanatiknya. Dari 29,8 persen pendukungnya, hanya 11 persen yang fanatik mendukung Saiful Arif, 17,7 persen sisanya mengaku masih bisa merubah pilihannya. Sementara Ince Langke memiliki 8,5 persen strong voters. Basli Ali 7,7 strong voters, dan Abd Gani 3,5 strong voters.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!