53 Orang Tewas di Jalan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

53 Orang Tewas di Jalan

BULUKUMBA, RS — Angka orang tewas di jalan raya akibat kecelakaan lalulintas, di Kabupaten Bulukumba, terbilang tinggi. Khususnya, pada bulan September lalu, tercatat 10 orang meninggal.

Kanit Laka, Aiptu Syamsul Alam menuturkan, dari bulan Januari sampai pada bulan September 2015 tercatat 53 orang yang tewas di jalan raya akibat kecelakaan lalulintas.
Untuk jumlah kecelakaan lalulintas, kata Syamsul Alam, selama sembilan bulan terakhir sebanyak 193. Dari kejadian itu 53 orang meninggal, 19 orang dan luka ringan 252 orang. Menurut Syamsul Alam, dari kecelakaan itu jumlah materil mencapai Rp 269.750.000 dan didominasi warga usia produktif antara 16 sampai 30 tahun.
“Korban meninggal dunia di jalan raya kebanyakan adalah pengendara sepeda motor, umumnya karena pengendara kurang memperhatikan keselamatan di jalan raya,” kata Syamsul Alam, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 12 Oktober.
Untuk menakan angka kecelakaan lalu lintas terutama yang mengakibatkan adanya korban meninggal dunia maupun kerugian materil tersebut, jajaran Satlantas Polres Bulukumba terus menggiatkan razia kendaraan bermotor di sejumlah titik.
Selain itu, pihaknya akan terus mensosialisasikan Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. “Kami terus berupaya melakukan penekanan terhadap angka kecelakaan lalulintas, namun sampai saat ini memang tingkat kesadaran pengendara yang sangat minim terharap aturan berlalulintas,” katanya. (one/ris/B)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!