Uang Dugaan Suap DYL Disimpan Dalam Bungkus Keripik – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

Uang Dugaan Suap DYL Disimpan Dalam Bungkus Keripik

Jakarta – Tim KPK menangkap anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Hanura, Dewie Yasin Limpo, beserta enam orang lain. Ada uang dolar Singapura senilai SGD 177.700 atau sekitar Rp 1,7 miliar dalam penangkapan tersebut. Uniknya, uang sebanyak itu disimpan di bungkus keripik singkong.

Uang itu ditemukan saat KPK menangkap tiga orang, SET, HAR, dan RB di sebuah restoran di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (20/10) . SET dan HAR diduga sebagai pengusaha yang memberi suap itu ke RB. RB diketahui sebagai orang suruhan DYL alias Dewie Yasin Limpo, yang ditangkap belakangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2015), KPK menunjukkan uang yang diamankan dari operasi tangkap tangan tersebut. Uang itu ditunjukkan dalam kondisi seperti saat diamankan, di dalam bungkus keripik.

“Jadi ditempatkan di sebuah tas, jadi ini aslinya ya,” kata Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP dalam jumpa pers. Sejurus kemudian seorang penyidik yang memakai tutup kepala mengeluarkan uang dolar Singapura dari bungkus keripik dan memamerkannya ke wartawan.

Duit tersebut diduga untuk pengurusan izin pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Papua. Dewie diduga aktif meminta uang pelicin terkait proyek tersebut. (in)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!