Mappogau Hanua Kembali Digelar – Radar Selatan

Radar Selatan

Sinjai / Selayar

Mappogau Hanua Kembali Digelar

SINJAI, RS — Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya menghadiri acara adat Mappogau Hanua di Dusun Caile, Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Selasa, 20 Oktober 2015.

Mappogau Hanua merupakan tradisi masyarakat setempat yang diperingati tiap tiga tahun sekali dan sudah berlangsung sebelum pendudukan kolonial Belanda.

Prosesi pelaksanaan pesta adat Mappogau Hanua tahun ini, mengusung tema “Jaga Warisan Lestarikan Budaya dan Tanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal”.

Berbagai rangkaian acara tradisi Mappogau Hanua ini berlangsung sukses dan meriah. Berbagai rangkaian acara pun memeriahkan pesta adat ini, mulai dari ziarah makam leluhur, mappadekko, gendang bulo, atraksi mangaru, dan permainan musik tradisional gambus.

“Saya inginkan melalui momen adat Mappogau Hanua ini bisa melestarikan budaya di Kabupaten Sinjai. Jadi saya minta agar kelestarian budaya daerah harus tetap terjaga. Ini perlu dilestarikan karena merupakan kekayaan adat istiadat Kabupaten Sinjai yang mampu bertahan hingga saat ini,” ujarnya.

Dia mengharapkan pula agar pesta adat Mappogau Sihanua ini perlu dipertahankan dan dipromosikan untuk mendongkrak sektor wisata di Sinjai.

“Mappogau Hanua yang kita laksanakan ini sepatutnya perlu dipromosikan agar mampu menjadi penopang sektor pariwisata Sinjai,” jelasnya.

Panitia Pelaksana, Syamsuddin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan turun temurun dari para leluhur masyarakat Desa Kanrung. “Jauh sebelum Pemerintah Kolonial Belanda, Desa Kanrung telah berdiri dan tradisi ini sudah ada. Untuk pelaksanaan pesta ada ini, kami laksanakan satu kali dalam tiga tahun,” jelasnya.

Kepala Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Buhari Hamid sangat berterima kasih karena kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya.

“Saya atas nama masyarakat Desa Kanrung sangat berterima kasih atas kehadiran bapak bupati dalam pesta adat ini, semoga even-even masyarakat seperti ini selalu mendapat respon dari pemerintah daerah,” harapnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!