DPKD Surati Kepala Desa – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Hot News

DPKD Surati Kepala Desa

*15 Desa Belum Memasukkan LPj DD

REPORTER: MUHAMMAD RIZAL
EDITOR: JASMAN ZAINUDDIN

UJUNGLOE, RS — Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Bulukumba akan menyurati 15 desa yang belum memasukkan Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa tahap pertama. 15 desa yang belum memasukkan LPj Dana Desa itu terletak di 8 kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Kepala Seksi Pembiayaan DPKD Bulukumba, Armiwati di ruang kerjanya, Senin, 26 Oktober mengatakan, salah satu syarat untuk mencairkan dana desa 40 persen tahap ke dua harus menyetor pertanggungjawaban Dana Desa 40 persen tahap pertama. “Hari ini kami akan menyurati 15 desa tersebut supaya secepatnya menyetorkan laporan pertanggungjawabannya ke BPMPD,” kata dia, Senin, 26 Oktober.

Dia menyebutkan, desa yang belum menyetorkan laporan pertanggungjawaban dana desa 40 persen tersebut yakni, Desa Bontomasila, Desa Bontomacinna, Desa Padang, Desa Lembanna, Desa Bontobulaeng, Desa Caramming, Desa Pattiroang, Desa Barugae, Desa Kambuno, Desa Kindang, Desa Balibo, Desa Kahaya Desa Bijawang dan Desa Bulolohe.
Dia melanjutkan desa tersebut tersebar di Kecamatan Gantarang, Bontotiro, Bontobahari, Kajang, Bulukumpa, Kindang, Ujungloe, Rilau Ale. “Kami menginginkan pemerintah desa supaya menyetor laporan pertanggung jawaban secepatnya supaya dana desa 40 persen tahap keduanya bisa dicairkan,” kata dia.
Selain itu, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bulukumba, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes), Wahyudin mengatakankan, salah satu kendala yang dihadapi oleh para kepala desa sehingga laporan pertanggungjawabannya belum masuk adalah pembangunan fisik yang di bangun di desanya belum rampung.
Alasannya, kata Wahyudin, musim kemarau juga menjadi penyebab terlambatnya pembangunan fisik seperti pengecoran jalan. “Sulitnya mendapatkan air untuk digunakan membangun fasilitas fisik jadi keluhan utama para kepala desa pada saat saya tukar pendapat belum lama ini,” kata dia.
Kepala Desa Bijawang, Kecamatan Ujungloe, Andi Burhan P mengatakan, hari ini pihaknya akan menyetor laporan pertanggungjawaban ke BPMPD. “Sebenarnya, sudah lama selesai, tapi baru mau disetor oleh bendahara hari ini, saya juga baru hari ini, saya tahu kalau baru mau disetor. Padahal sudah lama selesainya,” kata dia. (*)

To Top