Rahmawati Puji H. Askar Sosok Humoris – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Rahmawati Puji H. Askar Sosok Humoris

Perempuan yang setia mendampingi calon bupati Bulukumba nomor urut 5, H. Askar HL ini tipikal ibu rumah tangga sekaligus pebisnis yang ulet. Ia tidak saja mahir mengurus persoalan domestik, tapi juga bisa diandalkan untuk urusan bisnis. Dia adalah Hj. Rahmawati.

Ditemui di kediamannya yang megah, Hj. Rahmawati membeberkan
sedikit tentang sosok suaminya, H. Askar yang dikenal lewat tagline Andalanta.
Menurut Rahmawati, suaminya tipikal pria humoris sehingga tidak sulit untuk berteman dengan siapa saja. “Pak Aji itu sangat ramah dengan semua orang. Bahkan untuk memaafkan seseorang yang melukai hatinya, “ ujar Rahmawati.
Pernah kata Rahmawati, ada orang yang datang meminta tolong. Orang tersebut suatu ketika diketahui sempat menyakiti hati H. Askar. “Pernah ada orang yang pernah merendahkannya tapi tidak lama kemudian datang minta tolong dan dia tetap bantu orang itu,” ujar wanita yang khas dengan tahi lalat di hidungnya itu.
Kebaikan hati sang suami inilah yang membuat Rahmawati jatuh cinta.
Menurutnya, H. Askar tipe pemimpin ideal. Di satu sisi ia sosok yang humoris, tapi di sisi lain ia juga bisa menunjukkan ketegasannya. Konsisten dan komitmen pada keputusan yang diambil.

“Bapak itu kalau di rumah suaranya juga besar tapi tidak pernah marah. Jadi kalau tidak ketemu yang bikin rindu itu suaranya, senyumnya juga, karena manis,” tutur ibu tiga anak itu kemudian tertawa.

Rahmawati mengaku sebelum sang suami terjun ke dunia politik, sangat mudah bagi mereka untuk meluangkan waktu bersama keluarga. “Hobi kami jalan-jalan. Paling sering ke luar kota di Jawa. Yang paling sering dikunjungi adalah Jogjakarta. Tapi setelah menjadi wakil rakyat, Bapak sibuk dengan pekerjaan dan fokus melayani masyarakat,” beber Rahmawati.

Disinilah sikap pengertian dan dukungan penuh dari Rahmawati dan anak-anak ditunjukkan. “Kami sangat mengerti kesibukan Bapak sekarang. Bagi kami semua itu adalah ibadah,” katanya.

Selain mengurus rumah tangga, Rahmawati juga mengatur bisnis yang diserahkan sang suami kepadanya. “Sekarang saya juga sibuk dengan bisnis. Sejak bapak di DPRD bisnis hampir semua saya yang kelola,” kata sarjana ekonomi itu.

Di tengah kesibukannya, toh perempuan murah senyum ini punya cara sendiri mengurus keluarga agar tetap harmonis. Meski tidak sepenuhnya mengurus rumah tangga, seperti masak atau mengurus rumah. Namun untuk kebutuhan pria yang telah menikahinya sejak 1998, semua dilakukan sendiri olehnya, mulai dari mencuci dan menyeterika pakaian suami hingga menyiapkan makanan dan kebutuhan lainnya.

“Kalau pak haji saya yang urus full semuanya. Anak-anak kan sudah besar, sudah mandiri, bisa urus diri sendiri,” ujarnya.

Suaminya, tipikal pria yang sering memberi hadiah jika ia keluar kota. Namun dari banyaknya hadian yang pernah diberikan padanya, yang paling dikenangnya adalah baju, kala itu dibeli di Malang. “Saya lupa tahun berapa hadiah itu tapi anak saya masih satu. Itu baju mahal, saya masih simpan sampai sekarang,” kenangnya.

Ia juga menceritakan bagaimana saat usahanya jatuh dan tiga unit mobil serta tanahnya habis dijual bahkan utangnya sampai menumpuk. Namun dalam kurun waktu dua tahun, bisnisnya kembali sehat. Bahkan hingga kini transaksi tertinggi dalam sebulan bisa sampai Rp20 miliar lebih.
Sejak suaminya tercatat di KPU sebagai calon bupati, tanpa komando dari H. Askar, ia turut membantu menjaring suara. Melalui kelompok ibu-ibu dan pedagang, ia mengkampanyekan Andalanta Bisa.

“Kadang mendampingi langsung bapak, kadang juga jalan sendiri sesuai jadwal. Paling sering saya menghadiri undangan dari masyarakat. Paling cepat itu pulang ke rumah atau selesai kampanye jam 10 malam, jadi memang sibuk akhir-akhir ini membantu mengkampanyekan nomor 5,” katanya.

Jika kelak terpilih menjadi ketua PKK, wanita asal Bontosunggu ini sudah merancang sejumlah program andalan. Seperti memberdayakan ekonomi kreatif rumah tangga. “Saya kan selama ini sibuk di bisnis, jadi paling tidak ada ilmu yang bisa saya bagi. Melalui pelatihan-pelatihan kita akan mendorong peningkatan kualitas untuk mencapai ekonomi kreatif itu,” ujarnya.

Rahmawati mengaku awal suaminya terjun ke dunia politik karena ditarik oleh incumbent kala itu, Andi Syukri Sappewali. “Keluarga kami berterimakasih, kalau bukan karena beliau bapak tidak masuk di politik,” tambah wanita kelahiran 16 September 1976. (jar)

DATA KELUARGA

Nama Lengkap. Hj. Rahmawati
Suami : H. Askar HL
Anak ke-1 : Fikra Zulfikar Askar (1976)
Anak ke-2 : Zulkifli Askar (2002)
Anak ke-3 : Surya Akila Askar (2011)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!