Rany Masykur, Pernah Jadi Ketua DWP Termuda di Sulsel – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Rany Masykur, Pernah Jadi Ketua DWP Termuda di Sulsel

Bagi kebanyakan lelaki, sosok perempuan dibutuhkan tidak hanya untuk mendampinginya mengarungi bahtera rumah tangga. Perempuan juga memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang karier dan keberhasilan seorang pria. Seperti yang dilakukan Rany Masykur, istri dari calon Bupati Bulukumba, Masykur Andi Sulthan.
***
Fungsi ganda seorang perempuan tidak jadi masalah bagi seorang Rany Masykur. Selain harus mendukung kinerja suami, ia juga dituntut mampu mengurusi rumah tangga (keluarga) dengan baik.
Menjadi wanita tangguh bagi pasangan itu gampang-gampang susah, karena harus siap menerima dalam situasi dan kondisi apapun. Seorang wanita harus siap menjadi motivator saat pasangannya dalam keadaan jatuh dan terpuruk.
Rany Masykur, angkat bicara soal peran perempuan dalam menunjang karier suami. Sebagai istri, ia mengaku harus bisa mendampingi suami dengan baik dalam keadaan apapun juga.
“Saya percaya betul bahwa tidak ada keberhasilan suami tanpa peran istri di belakangnya. Peran istri sangat menentukan kemajuan karier suami,” ujarnya saat ditemui di Bulukumba, belum lama ini.
Peran istri yang dimaksud Rany, bukan berarti mencampuri urusan suami. Ia mencontohkan, pekerjaan kantor tidak perlu dicampuri oleh istri. Seorang istri idealnya memberi mensupport, mendukung, bukan mengintervensi urusan kantor.
“Bapak pun sebaliknya, selalu meminta restu istri setiap kali melakukan atau mengambil keputusan besar. Contohnya sebelum maju di Pemilukada Bulukumba, Bapak meminta izin ke saya. Saya bilang selama itu untuk kesejahteraan masyarakat Bulukumba, bismillah. Saya sampaikan ke Bapak, kita ini sudah malang melintang di kampung orang, Pare-pare sampai Luwu, kenapa tidak kembali ke kampung sendiri untuk membangun daerah,” urai Rany yang sangat setia mendampingi sang suami dimanapun bertugas.
Ibu tiga anak ini punya kiat tersendiri agar selalu punya waktu bersama sang suami. “Kami memang punya komitmen, urusan kantor selesai di kantor, di rumah waktu untuk keluarga. Saya paling tidak pernah menuntut Bapak untuk cerita masalah yang terjadi di kantor,” terangnya.
Jika ada masalah yang berat, Rany sudah bisa tahu dari sikap dan perilaku suaminya. “Saya paling suka ngajak bapak ngopi dan ngobrol di luar agar bebannya lepas,” tukasnya.
Di Pemilukada ini Rany berharap semua peran-peran yang dilakukan berjalan dengan baik. “Saya selalu berdoa agar Bapak bisa ada di jalan yang baik. On the track. Sesuai jalur yang sebenarnya,” ujarnya.Sebagai mantan Ketua Dharma Wanita saat mendampingi sang suami yang ditugaskan sebagai Sekda di Luwu, Rany mengaku banyak belajar dan mengambil hikmah. “Saya tidak melebih-lebihkan, saya pernah jadi ketua DWP di Luwu, yang saya tahu beliau tegas dalam mengambil keputusan. Tidak pernah keluar dari koridor,” tambahnya.
Saat ditanya bagaimana cara menghadapi masyarakat Bulukumba yang beragam, mantan Dara Sulsel ini mengaku tampil apa adanya. “Alhamdulillah karena kami bekerja ikhlas untuk masyarakat, selama ini tidak ada kesulitan yang berarti,” kata Rany.
Sejak beberapa bulan terakhir, waktunya memang lebih banyak di Bulukumba mendampingi sang suami, Masykur Andi Sultan untuk melakukan tatap muka dengan masyarakat. “Selama bersosialisasi dengan masyarakat Bulukumba saya malah banyak belajar dan menyerap aspirasi mereka,” ujar pengurus PKK Provinsi Sulsel ini,
Sebagai mantan model dan Dara Sulsel yang banyak berkecimpung di kegiatan social kemasyarakatan, Rany mengaku tidak canggung berhadapan dengan masyarakat Bulukumba,
Ia pernah menjadi ketua DWP termuda tahun 2004. Saat itu usianya baru 30 tahun. Sering dipandang enteng karena masih muda, toh Rany berhasil membuktikan bahwa ia mampu mengambil peran-peran strategis. Ini dibuktikan pula saat sang suami hijrah ke Makassar dan menjadi Kepala Dinas. Selama 10 tahun terakhir Rani aktif menjadi pengurus PKK Provinsi di Pokja 3 yang mengurusi sandang dan pangan.
Kini, Rany menaruh harapan besar agar masyarakat Bulukumba lebih sejahtera. “Saya tentu berharap masyarakat Bulukumba lebih cerdas dan sejahtera. Bulukumba ini terbesar di selatan-selatan. Kejayaan Bulukumba ini harus kita kembalikan,” tegasnya. ***

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!