Jambore Jurnalistik Bentuk Sikap Kritis dan Kreatif Siswa – Radar Selatan

Radar Selatan

Pendidikan

Jambore Jurnalistik Bentuk Sikap Kritis dan Kreatif Siswa

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sebuah tradisi literasi dimulai di Bulukumba, Koran Harian RADAR SELATAN berinisiatif menggelar Jambore Jurnalistik yang dibuka Jumat 6 November kemarin, di Lapangan Bonto Sunggu, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Jambore Jurnalistik resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bulukumba, A. Akbar Amier didampingi Direktur Harian RADAR SELATAN, Sunarti Sain.
Sunarti Sain mengatakan, animo peserta didik untuk mengetahui teknik penulisan jurnalistik dasar cukup tinggi. “Terbukti, dorongan dari kepala sekolah untuk mengikutkan anak didiknya pada Jambore Jurnalistik Dasar yang digelar saat ini sangat besar,” ujarnya.
Peserta Jambore Jurnalistik tidak hanya datang dari Bulukumba, tapi ada juga perwakilan Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Sinjai. Jambore Jurnalistik Dasar 2015 merupakan kegiatan yang pertamakali digelar di Sulawesi Selatan. “Kegiatan ini akan jadi pelopor gerakan literasi di daerah ini.”
Sunarti berharap, Jambore Jurnalistik bisa bermanfaat bagi para peserta didik untuk mengembangkan bakat minat dan kreatifitasnya dalam bidang tulis menulis dan mengaktifkan serta kembali Mading di sekolah-sekolah.
Sementara Kepala Disdikpora Bulukumba, H. Andi Akbar Amier mengatakan, Jambore Jurnalistik yang dilaksanakan RADAR SELATAN merupakan upaya menjadikan pelajar sebagai agen-agen perubahan yang mampu mencerahkan teman sebayanya di bangku sekolah.
Dia juga mengaku, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari pemanfaatan potensi para peserta didik untuk memberikan pemahaman serta pemikiran jurnalistik lebih, agar tercipta siswa yang kreatif dalam menyesuaikan perkembangan zaman.
“Kita patut berbangga dan bersyukur kepada kepala sekolah di Bulukumba yang mendukung dan mendorong siswanya untuk meluangkan waktunya mengikuti kegiatan ini,” kata dia.
Menurut Andi Akbar, Jambore Jurnalistik pada dasarnya mengarahkan siswa agar menumbuhkan kepekaan rasa estetika dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiasif dan kreatif.
Sedikitnya 20 SMP dan SMA Sederajat berasal dari Kabupaten Sinjai, Bantaeng dan Bulukumba yang mengikuti kegiatan tersebut.
Adapun sekolah yang mengikuti, yakni SMPN 12 Bulukumba, Madrasah Tsanawiah (MTsN) Tanuntung Herlang, SMPN 29 Bulukumba, SMPN 1 Bulukumba, SMPN 41 Bulukumba, MTsN Bonto Sunggu dan SMPN 39 Bulukumba.
Sedang untuk jenjang SMA, yakni SMAN 1 Bulu Paddo Sinjai, SMAN 17 Bulukumba, SMAN 5 Bulukumba, SMKN 1 Bulukumba, SMAN 6 Bulukumba, MAN Ulil Amwal, MAN Bulukumba, SMK Muhammadiyah, SMKN 1 Bantaeng, SMAN 7 Bulukumba, MAN Tanete, SMAN 1 Bulukumba dan SMAN 12 Bulukumba.
Jambore Jurnalistik ini disupport penuh oleh KSR Bulukumba, Kwarran Gantarang, Lakpesdam NU, serta disponsori oleh KPP Pratama Bulukumba, BNI 46, Penerbit Erlangga, PT Pos Indonesia, Telkomsel, dan Wings Food. (zal/nin)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!