Sarung Hitam Khas Kajang Dibanderol Rp 1 Juta per Lembar – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Sarung Hitam Khas Kajang Dibanderol Rp 1 Juta per Lembar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sarung hitam yang merupakan sarung tradisional khas masyarakat suku Ammatoa Kajang Bulukumba, mulai diminati oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat Bulukumba tetapi juga dari luar Bulukumba.
Sarung yang ditenun ini dibanderol dari harga Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per lembarnya.
Sahi’, warga yang bermukim di dalam area Kajang dalam (kawasan adat, red) mengatakan pengerjaan sarung kajang memakan waktu hingga berminggu-minggu. Tradisi menenun dilakukan perempuan-perempuan Kajang, di sela-sela aktivitas mereka sehari-hari.
“Sarung Kajang dikerjakan dengan cara tradisional. Ditenun dan menggunakan bahan dasar alami seperti pewarna hitam dari alam yang disebut daun tarum. Daun tarum ini dicampur dengan kapur panas dan abu dapur,” ujar Sahi’.
Ia juga mengatakan, tingkat kesulitan pembuatan sarung Kajang menjadi tolak ukur dari harga jual.
“Kalau sarung yang hitam polos itu harganya Rp 500.000 kalau yang ada motif garis- garis itu yang mahal, tapi rata- rata yang pesan minta ada motif garis,” jelasnya dalam bahasa Konjo.
Tidak hanya itu, Sahi’ mengatakan bahwa alat pembuatan sarung hitam tersebut adalah alat tenung asli dari kayu.
“Alat menenunnya itu kayu asli, pengerjaanya biasa dilakukan di kolong rumah dan ini berlangsung cukup lama, paling cepat dua minggu,” tambahnya.
Sementara itu, Sahi juga mengatakan bahwa Sarung hitam ini hanya ada di Kajang dan tidak dipasarkan di daerah lain.
“Sarung Kajang tidak dipasarkan secara umum seperti sarung- sarung lainnya, jadi masyarakat yang mau membeli harus ke sini, itupun harus dilakukan dengan pemesanan terlebih dulu,” ujarnya. (ria)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!