Spirit of Pinisi, 21-22 November di Pantai Bira – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Spirit of Pinisi, 21-22 November di Pantai Bira

BULUKUMBA, RS — Pemerintah Kabupaten Bulukumba bekerjasama dengan Sanggar Seni Budaya Al-Farabi, kembali menggelar Festival Pinisi, 21-22 November. Berbeda dari tahun sebelumnya, Festival Pinisi 2015 lebih beragam dan kaya unsur seni budaya lewat tema Spirit of Pinisi.
Ketua Panitia dari Sanggar Seni Al-Farabi Bulukumba, Ichdar Yeneng, mengungkapkan, Festival Pinisi 2015 bertujuan memperkenalkan kembali budaya Bulukumba yang saat ini telah terkikis oleh modernisasi. Untuk itu kegiatan yang akan dilaksanakan mulai hari ini akan menampilkan seluruh budaya asli Bulukumba lewat pementasan seni dan pameran kebudayaan.
Rencananya, kata Ichdar dalam kegiatan Festival Pinisi ini ada utusan dari beberapa kecamatan yang akan menampilkan tarian tradisional. Ada juga pameran bilah pusaka, opera budaya yang akan dibawakan oleh Sanggar Al Farabi bersama sanggar seni Lahere dari kota Solo, dan Lomba foto bertemakan pinisi yang pesertanya terbuka untuk umum.
” Intinya kita akan menampilkan seluruh budaya Bulukumba, agar pengunjung bisa melihat budaya Pinisi. Bukan hanya sekadar kemegahan pinisi saja, namun eksistensi pinisi yang telah menjadi darah daging dari budaya Bulukumba itu sendiri, yang mengajarkan masyarakatnya untuk saling menghargai, tolong menolong dan saling gotong royong dalam pembuatanya,” urai Ichdar.
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba, Djunaedi Abdillah, Jumat 20 November saat ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, festival pinisi yang diselenggarakan tahun ini akan beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain pameran wisata dengan yang menampilkan budaya seluruh tarian dan pakaian adat setiap kecamatan yang ada di Bulukumba, juga akan diperkenalkan destinasi wisata potensial yang dimilki Bulukumba saat ini.
Festival Pinisi yang dipusatkan di Pantai Bira rencananya dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul yasin Limpo yang akan didampingi pejabat Provinsi seperti kepala Dinas Pariwisata, dan juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaayaan.

” Kita berharap lewat festival pinisi kali ini, meski hanya menggunakan anggaran sebesar Rp 100 juta tapi bisa membangkitkan semangat masyarakat Bulukumba untuk kembali mencintai budaya asli Bulukumba,” ujarnya. (awa/una )

Agenda Festival Pinisi 2015

* Tarian tradisional dari 10 Kecamatan
* Pameran Pakaian Adat
* Opera Budaya
* Pameran Bilah Pusaka
* Lomba foto bertemakan pinisi

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!