Debat Publik Berpengaruh Besar Pada Pemilih Galau – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Debat Publik Berpengaruh Besar Pada Pemilih Galau

BULUKUMBA, RS – Jumlah swing voter atau pemilih mengambang alias mereka yang masih galau dalam menentukan pilihan pada Pemilihan Kepala Daerah Bulukumba 9 Desember mendatang, masih cukup besar. Salah satu ajang yang dinanti dan sangat berpengaruh pada para pemilih galau ini adalah Debat Publik yang dilaksanakan , Senin 23 November di Gelanggang Remaja Bulukumba.
Debat publik Calon Bupati Bulukumba dan Wakil Bupati Bulukumba digelar selama tiga jam mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 Wita. Pengamat politik Firdaus Muhammad yang dihubungi RADAR SELATAN tadi malam mengatakan, Debat Publik sangat berpengaruh pada swing voter.
“Masih banyak pemilih yang galau dan belum menentukan sikap. Lewat Debat Publik mereka bisa memiliki rujukan siapa yang harus dipilih,” ujar Firdaus. Dosen UIN Makassar ini menambahkan, dalam debat tampak sekali tereksplore konsep, gagasan, dan kompetensi para kandidat. “Kita bisa mengukur kemampuan seseorang dari proses Debat Publik,” katanya.
Debat Publik yang disiarkan langsung Fajar TV bekerjasama dengan TV kabel setempat juga disiarkan oleh empat radio local yakni: Bulukumba FM, RCA, Bintang FM dan Panrita FM.
Dijelaskan Firdaus, tujuan komunikasi adalah tidak sebatas memperkenalkan suatu hal, melainkan bagaimana mengubah sikap (attitude changes), pendapat (opinion changes), prilaku (behaviour changes), dan perubahan sosial (social changes).
“Retorika dan pidato politik sebagai salah satu bentuk komunikasi bertujuan untuk mengubah sikap pemilih dari yang semula tidak yakin menjadi yakin akan pilihannya, begitu pula sebaliknya,” tandasnya.
(nad)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!