Jawaban Normatif di Debat Publik, Paslon Cari Aman – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Jawaban Normatif di Debat Publik, Paslon Cari Aman

BULUKUMBA, RS – Debat Publik calon Bupati Bulukumba dan calon wakil Bupati Bulukumba yang berlangsung di Gelanggang Remaja, Senin 23 November berlangsung aman dan persuasif. Secara umum, lima pasangan calon lebih memilih menjawab setiap pertanyaan dengan normative.
Tahapan debat public yang awalnya diprediksi berlangsung a lot dan saling serang antar paslon, sama sekali tidak terjadi. Sebaliknya, proses debat yang dipandu Iqbal Sultan selaku moderator berjalan cair dan penuh nuansa persahabatan.
Ada lima segmen babakan pertanyaan yang diberikan kepada masing-masing paslon. Segmen pertama adalah pemaparan visi misi paslon yang diberikan waktu dua menit oleh moderator. Segmen kedua, pendalaman visi misi paslon, segmen ketiga pertanyaan umum, segmen keempat pertanyaan dari paslon ke paslon lain, dan segmen kelima closing speech dari masing-masing paslon.
Ada 12 pertanyaan selama dua jam lebih proses debat berlangsung. Semua pertanyaan dibuat oleh tim pakar yang terdiri dari Prof Darmawan Salman, Prof Syafrudin Nawi, Dr Ansar, Sunarti Sain, dan Iqbal Sultan.
Secara umum paslon tampak siap menghadapi debat. Semua pertanyaan mampu dijawab dengan lugas. Paslon nomor urut 1, Andi Sukri yang berpasangan dengan Tomi Satria, misalnya, tampil tenang. Mereka secara bergantian memaparkan visi misi dan berjanji akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bulukumba di semua sector.
Sukri juga kerap menyebutkan keberpihakannya pada anak muda dan perempuan. Menurutnya, peningkatan kapasitas daya saing harus diperhatikan.
“Yang paling penting dalam sebuah kepemimpinan itu adalah kejujuran. Kejujuran harus menjadi landasan utama. Pemimpin harus b ekerja keras, teguh pada pendirian,” ujarnya.
Sementara Tomi menyebut Bulukumba adalah negeri pemberani. Identitas kebulukumbaan harus dijaga. “Doronglah etos kerja. Kita punya lintas multi kultul. Bulukumba harus bersatu,” katanya.
Paslon nomor dua, Kahar Muslim yang berpasangan dengan A. Sabri Mustari, mengungkapkan jika mereka terpilih sebagai Bupati Bulukumba, mereka berjanji akan mensejahterakan masyarakat Bulukumba lewat pertanian Bulukumba. “Penambahan 5 hingga 11 ton untuk setiap hektarnya, yang penanaman tidak bergantung dengan musim, dengan memperkuat pengelolaan air,” katanya.
Sementara itu nomor urut 3 Jumrana Salikki, yang berpasangan Husbiannas Alsi, mengaku akan mensejahterakan masyarakat lewat peningkatan kesejahteraan dengan pengoptimalan kesehatan mulai dari pelosok desa.
Paslon nomor urut 4, A. Maskur yang berpasangan dengan Edy Manaf, mengungkapkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkenalkan Bulukumba ke masyarakat Internasional, bulukumba harus memiliki bandara sebagai akses mempermudah, dan meningkatkan perekonomian masyarakat, karena menurutnya sarana transportasi yang baik sangat mendukung berkembangnya daerah menjadi lebih maju.
Nomor urut 5, H. Askar yang berpasangan dengan H. Nawawi Burhan, mengatakan dalam upaya meningkatkan kesejahteran masyarakat Bulukumba, dia akan melakukan upaya peningkatan kesejahteraan melalui pembangunan yang merata mulai dari pelosok desa hingga ke perkotaan.
Dari pantauan harian RADAR SELATAN, hingga sesi kelima yang memberikan kesempatan para paslon untuk saling melemparkan pertanyaan kepada paslon lain, suasana berlangsung sangat kondusif.
Hal tersebut menujukkan jika tuduhan Bulukumba masuk zona merah tidak tepat karena semua paslon menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi.
“Kami telah menyiapkan 150 porsenil ditambah bantuan Dandim 1411 Bulukumba, tapi hingga berakhirnya debat tetap berjalan kondusif dan aman tanpa ada riak sedikitpun, kecuali beberapa masyarakat yang ingin masuk untuk menyaksikan langsung debat kandidit,” ujar Kabag OPS, Kompol Syarifuddin.
Ketua KPUD Bulukumba, Azikin Patedduri, yang dikonfirmasi mengaku merasa lega setelah pelaksanaan debat yang berjalan kondusif.
Hal ini lanjut dia, berkat lewat kerjasama antara pemerintah daerah dan kepolisian yang telah mendukung penuh kegiatan debat.(awa)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!