SYL: Orang Selayar Harus Kompak dan Bersatu – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

SYL: Orang Selayar Harus Kompak dan Bersatu

SELAYAR – Hujan lebat mewarnai puncak peringatan Hari Jadi ke-410 Selayar yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Benteng, Senin 30 November. Cuaca yang awalnya cerah, tiba-tiba berubah jadi mendung dan turun hujan lebat. Kendati demikian, prosesi peringatan Hari Jadi Selayar tetap khidmat yang tidak menyurutkan semangat para peserta yang hadir, terutama bagi mereka yang sementara melaksanakan karnaval budaya dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.
Gubernur Sulawesi Selatar Syahrul Yasin Limpo mengatakan, hujan adalah tanda-tanda adanya rahmat bagi masyarakat Selayar. Ia berharap Selayar akan lebih baik ke depan. “Syaratnya untuk menghadirkan Selayar yang maju adalah orang Selayar harus tetap kompak dan bersatu. Kerahmatan itu akan hadir apabila masyarakat Selayar tetap damai sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas kita bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata Syahrul.
Selain itu, Syahrul pastikan Selayar bisa maju kalau pemerintah di seluruh tingkatan bekerja dengan maksimal dan berpihak kepada rakyat.
“Pemerintah harus memperlihatkan prestasi-prestasinya yang baik dalam memberikan pelayanan kepada rakyat, dan itu adalah syarat yang pertama. Syarat kedua dorong ekonomi di Selayar ini bekerja dengan maksimal tanpa beban,” ucapnya.
Sementara Pejabat Bupati Kepulauan Selayar H. Syamsibar, mengatakan akan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat Selayar sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Jadi Selayar. Dikatakan Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, baik di sektor kelautan maupun sektor pariwisata.
Dalam bidang pariwisata, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menetapkan Selayar sebagai pusat pengembangan pariwisata bahari andalan nasional. Hal ini karena Selayar memiliki Taman Nasional Takabonerate yang merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia yang memiliki atol terluas di Asia tenggara dan terluas ketiga di dunia. Dikatakan kawasan Taman Nasional Laut Takabonerate termasuk bagian dari segitiga terumbu karang dunia yang menjadi perhatian internasional sebagai asset dunia.
Peringatan Hari Jadi ke-410 Selayar dirangkaikan dengan kegiatan Takabonerate Islands Expedition (TIE) yang sudah memasuki tahun ke tujuh. Seperti dilaporkan oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel Jufri Rahman, TIE telah didaftarkan menjadi nominasi untuk dijadikan Sail Takabonerate Tahun 2017 mendatang. TIE VII ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi dan menampilkan segala potensi budaya yang ada di Kepulauan Selayar yang layak untuk ditampilkan sebagai event pariwisata.
“Penyelenggaraan event TIE VII ini sudah dimulai sejak tanggal 28 November lalu, dengan melaksanakan sejumlah kegiatan seperti lomba renang massal, lomba mancing tradisional, pestifal kuliner, panggung hiburan, pagelaran seni, karnaval budaya termasuk pesta lampion dan kembang api,” kata Jufri.
Pada peringatan Hari Jadi Selayar ini ditandai dengan penandatanganan MOU integrasi program kesehatan gratis Provinsi Sulawesi Selatan ke dalam program jaminan kesehatan nasional antara Gubernur Sulsel dan Bupati Kepulauan Selayar. Selain itu, Gubernur Sulsel juga menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans dari PT Bank Sulselbar, serta 4 unit mobil ambulans dan 1 unit mobil pemadam kebakaran dari Gubernur Sulsel kepada Bupati Kepulauan Selayar. Gubernur juga meresmikan sejumlah proyek-proyek APBN Tahun Anggaran 2014 yang masuk di Kabupaten Kepulauan Selayar. (man)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!