Ikan Koi Bulukumba Rebut Penghargaan di Makassar Koi Show 2015 – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Ikan Koi Bulukumba Rebut Penghargaan di Makassar Koi Show 2015

 

Sebanyak 500-an ikan koi diikutkan dalam lomba ikan koi  10th Makassar Koi Show 2015 yang digelar di Mal GTC, belum lama ini. Acara tahunan tersebut dilaksanakan oleh Makassar Koi Club yang beranggotakan para pencinta Koi. Hasilnya, dari sejumlah penghargaan yang ada, empat penghargaan direbut peserta dari Bulukumba.

Andy (24), pemuda asal Bulukumba ini membawa lima ekor Koi untuk diikutkan dalam kontes Koi di Makassar. Hasilnya cukup mengejutkan, dari lima Koi terbaik yang menjadi koleksinya, empat di antaranya berhasil merebut gelar di ajang bergengsi itu.

“Alhamdulillah meski pemula, Koi peliharaan saya bisa merebut penghargaan di beberapa kategori,” ujar Andy yang ditemui di warkopnya, kemarin. Penghargaan yang diperoleh Koi milik Andy masing-masing; Juara II kategori Showa Sanshoku, Juara III kategori Tancho, Juara Anggrek Junior Champion kategori Tancho, dan Juara Melati Prize kategori Shiro Utsuri.

Andy yang sehari-hari mengurus warung kopi milinnya di Caile mengaku sejak lama menggemari ikan Koi. “Serius mengurus Koi ya baru tiga bulan ini. Tapi saya memang sejak dulu senang melihat ikan Koi,” ujar Andy.

Baru tiga bulan memelihara Koi hasil pemberian sahabatnya di Makassar, Andy memberanikan diri mengikuti kontes. “Awalnya saya tidak berani. Soalnya baru dan masih sangat pemula. Tapi guru saya di Makassar yang selama ini mendidik soal bagaimana teknik dan tips memelihara Koi terus member dorongan. Saya akhirnya berani ikut di kontes ini,” ujarnya.

Usaha Andy tidak sia-sia, pertama kali ikut kontes, ikan Koi peliharaannya sudah menjadi primadona para juri yang datang dari Surabaya dan Jakarta. “Senang sekali karena usaha keras membawa Koi-koi ini ke Makassar berbuah penghargaan,” ujarnya tersenyum. Selain berdasarkan ukuran panjang ikan, penilaian juga ditentukan berdasarkan kategori atau jenis ikan.

Andy mengaku sangat terinspirasi dengan kegiatan kontes Koi yang ada di Makassar. Pria lajang ini sudah memiliki 40 ekor Koi dari berbagai varietas. Menurutnya, dengan mengikuti kontes, ia jadi paham dan tahu bagaimana memperlakukan Koi dengan baik dan benar.

“Koi itu punya keindahan yang bisa membuat segala kepenatan dan stress jadi hilang. Di ajang kontes, selain bisa melihat Koi dari berbagai daerah kita juga bisa bertemu kawan baru dengan hobi yang sama,” terang Andy yang mengaku dididik langsung oleh David, salah seorang pencinta Koi di Makassar yang sudah langganan juara sejak dulu.

Salah satu tips yang ingin dibagi Andy adalah jika Anda berminat memelihara Koi, pelihara dulu airnya baru memelihara ikannya. ***

 

 

 

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!