21 Desember, Sukri-Tomy Ditetapkan Pemenang Pikada Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

21 Desember, Sukri-Tomy Ditetapkan Pemenang Pikada Bulukumba

    BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Jika tak ada aral yang melintang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bulukumba, menetapkan Andi Sukri Sappewali-Tomy Satria sebagai pemenang pemilihan kepala daerah (Pilkada), pada Senin, 21 Desember 2015.
    Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang berlangsung di aula KPUD, Kamis, 17 Desember. Andi Sukri-Tomy Satria berhasil mengalahkan empat kompetitornya setelah mendapatkan suara sebanyak 60.517. Di urutan kedua ditempati, pasangan nomor urut lima, H Askar-H Nawawi Burhan, dengan jumlah suara sebanyak 55.235, atau selisih suara sebesar 5282 jiwa.
    Selanjutnya, di urutan perolahan suara ketiga ditempati pasangan nomor urut 2, Abdul Kahar Muslim-Andi Sabri Mustari, dengan jumlah suara sebanyak 50.385 jiwa, sedangkan di posisi ke-4 ditempati pasangan calon, nomor empat, Masykur Andi Sulthan-Edy Manaf, dengan jumlah suara sebesar 31,629. Pasangan jalur perseorangan (Independen)  Hj Jumrana Salikki-H Husbiannas Alsi hanya  meraih  suara sebesar 16.096 jiwa.
    Ketua KPUD Bulukumba, Azikin Patteduri menjelaskan, setelah proses rapat pleno perhitungan suara di tingkat kabupaten selanjutnya pada Senin, 21 Desember mendatang, akan dilakukan penetapan hasil rekapitulasi suara. Dipastikan AM Sukri Sappewali dan Tomy Satria menakhkodai Bulukumba untuk lima tahun ke depan.
    “Kan salurannya sudah kami buka, kalau ada persoalan harusnya dari awal di klarifikasi, tapi ini kan tida ada. Justru komplain baru masuk saat rekap kabupaten, kan tidak fair kalau baru ada dipersoalkan sementara dari awal kita sudah bukakan ruang untuk itu,” ujar Azikin Pattuduri menanggapi komplain dari paslon lain.
    Menurutnya, hasil rekap di tingkat kabupaten diumumkan secara resmi pada 21 Desember mendatang, meski hasilnya telah diketahui bersama namun dia menjelaskan pihaknya belum mampu mengambil kesimpulan sampai jadwal yang telah ditetapkan. “Yah tinggal masyarakat saja yang simpulkan hasil rekap di kabupaten, yang jelas kita hargai proses dan setiap jenjang tahapan yang ada,” tuturnya.
    Dari data yang berhasil dihimpun Radar Selatan di lokasi perekapan, Pasangan Andi Sukri-Tomy Satria, berhasil menang di lima kecamatan yakni  Gantarang, dengan jumlah suara 16.481, Bulukumpa dengan 10.100 suara, Rilau Ale dengan 6.051 suara,  Ujungloe, dengan 5316 suara dan  Ujungbulu dengan 7003 suara.
    Sementara, Pasangan H Askar-Nawawi Burhan, yang menempati urutan kedua perolehan suara, hanya menang di Kecamatan Kindang, dengan total perolehan suara, 7.355 jiwa. Untuk pasangan nomor urut dua sendiri, Kahar Muslim-Andi Sabri, yang menempati suara terbanyak ketiga, berhasil menyapu rata wilayah timur dengan kemenangan di empat kecamatan di antaranya,  dengan suara, 13,877 jiwa, Herlang dengan 3.834 jiwa,  Bontobahari, dengan 4272 suara, terakhir  Bontotiro,  5589 suara. (faj-awa)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!