24 Peserta UK Siap Hadapi MEA – Radar Selatan

Radar Selatan

Pendidikan

24 Peserta UK Siap Hadapi MEA

Sedikitnya 24 peserta berasal dari alumni dua lembaga kursus di Kabupaten Bulukumba yakni, Handayani dan Al-Mitra mengikuti uji kompetensi (UK) untuk memproleh sertifikat.

Sertifikat itu nantinya akan menjadi bekal mencari lapangan kerja di dunia industri baik di dalam maupun di luar negeri.

Ketua Al-Mitra Bulukumba, Muhammad Basir mengatakan, UK dalam bidang komputer bertujuan untuk mendapat sertifikat berlabel internasional sebagai dasar untuk bekerja di luar negeri dengan upah lumayan besar dan program ini merupakan persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
“Peserta UK rata-rata alumni yang belum bekerja di dunia industri dan diharapkan memiliki keterampilan dalam rangka menghadapi MEA,” bebernya.

Dia menjelaskan, para peserta UK juga memiliki sejumlah tahap mulai dari rekoknisi, validasi hingga sertifikasi serta merupakan ajang seleksi.

“Jadi UK yang dilaksanakan merupakan ajang seleksi dan sebetulnya dari awal peserta berjumlah 32 orang terjaring menjadi 24 orang,” ungkapnya.

Dia mengaku, soal UK berasal dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi-Tehnologi Informasi dan komunikasi (LSK-TIK) Jakarta sedangkan anggaran UK ditanggung sepenuhnya oleh Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, non formal dan informal (BP PAUDNI) regional III Makassar.

“Jadi sertifikat dikeluarkan oleh LSK-TIK selaku lembaga yang dipercaya mengeluarkan izin melakukan UK,” tutupnya

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!