Dua SMK Dipastikan Ikut USBN – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Dua SMK Dipastikan Ikut USBN

REPORTER: NINDAR ROSMAWAN
EDITOR: HASWANDI ASHARI

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dua sekolah masing-masing SMK DH Pepabri Bulukumba dan SMKN 1 Bulukumba dipastikan akan mengikuti Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) 2016 mendatang. Kedua sekolah itu dianggap telah memenuhi syarat sarana dan prasarana dalam bidang Ilmu Tekhnologi (IT).

Kelayakan dua sekolah tersebut disaksikan oleh Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Ani Rasuly saat memantau simulasi tersebut.

“Kami berkunjung ke SMK DH Pepabri Bulukumba dan SMKN 1 Bulukumba untuk melihat persiapan dua sekolah tersebut dalam melaksanakan USBN 2016 mendatang,” kata Ani Rasuly saat mengunjungi SMK DH Pepabri Bulukumba, Rabu, 23 Desember 2015.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Diksdasmen) Disdikpora Bulukumba, Asnarti Said Culla menuturkan, selain kunjungan untuk memantau persiapan juga mulai saat ini dua sekolah yang dianggap bersyarat telah aktif melakukan simulasi atau praktik USBN.

Menurutnya, USBN lebih praktis dilaksanakan daripada ujian secara manual sebab tidak lagi membutuhkan soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) berbahan kertas dimana proses pendistribusiannya membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

“Jadi USBN sangat praktis karena langsung mengerjakan soal melalui layar komputer yang dirancang secara online lewat server. Selain itu terdeteksi langsung nilai yang diperoleh,” katanya.

Pihak Disdikpora Kabupaten Bulukumba juga mengharapkan peran pemerintah untuk turun serta mendukung program USBN yang diharapkan dari tahun ke tahun semakin meningkat jumlah sekolah menerapkan USBN.

Salah seorang guru SMK DH Pepabri Bulukumba, Andi Muhammad Yusuf menjelaskan, 2016 mendatang siswa yang akan mengikuti USBN berjumlah 51 orang terdiri atas empat jurusan antaranya, teknik konstruksi bangunan, teknik mekanik automotif, teknik instalasi listrik serta teknik komputer dan jaringan.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!