Di Bantaeng, Pemilihan Kadus dan Ketua RW pun Pakai Sistem E-Voting – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Di Bantaeng, Pemilihan Kadus dan Ketua RW pun Pakai Sistem E-Voting

BANTAENG, RADAR SELATAN — Sukses penggunaan E-Voting pada Pilkada Bantaeng dan Pilkades Serentak 9 Desa di Kabupaten Bantaeng, membuat pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) meningkatkan penggunaan E-Voting tersebut sampai di tingkat pemilihan Kepala Dusun dan Rukun Warga (RW).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BMPD), Irvandi mengatakan penggunaan e-voting bukan hanya di pemilihan Kepala Daerah, dan Kepala Desa saja, tapi pemilihan Presiden 2019 mendatang, Kabupaten Bantaeng sudah siap menggunakan system e-voting. Untuk itu, pihaknya sejak dini mensosialisasikan penggunaan e-voting kepada masyarakay agar pada Pilpres 2019 nanti warga Bantaeng tidak bingung lagi dalam penggunaan e-voting.
Menurut dia, tidak ada yang berat dalam penerapan system e-voting. Penggunaan e-voting resepnya hanya kemauan saja. “Kalau soal listrik dan Kartu tanda Penduduk itu bukan menjadi kendala. Alat e-voting memang harus dilengkapi dengan aki sehingga meski listrik padam e-voting bisa tetap digunakan,” kata Irvandi.
Dia menjelaskan, penggunaan E-voting pada Pilkades serentak hanya dilakukan pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk wilayah Indonesia Timur. “Memang ada Kabupaten yang menggunakan e-voting tapi Pikadesnya tidak serentak tapi bergantian,” kata dia.
Dia berharap sosialisasi penggunaan e-voting hingga tingkat RW membuat warga mengenal e-voting dan tidak kaget lagi pada Pilpres mendatang jika sudah diberlakukan penggunaan e-voting secara umum. (zal/una)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!