Penyerahan Bantuan Rumah Komunitas Cinta Sedekah – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Penyerahan Bantuan Rumah Komunitas Cinta Sedekah

# Keluarga Rombu Kini Tinggal di Rumah Layak Huni

KELUARGA Rombu yang tinggal di rumah tidak layak huni di Kampong Nipa, Kelurahan Bentenge, Kecamatan Ujungbulu kini memasuki rumah baru yang berlokasi sama. Rumah tersebut bantuan dari Komunitas Cinta Sedekah bekerjasama dengan KSP Berkat, Kodim 1411 Bulukumba, Polres Bulukumba, dan Radar Selatan.

Laporan: Anjar Sumyana Masiga

Diusia senja dengan kondisi kesehatan yang tidak mendukung membuat Rombu sulit untuk memberikan nafkah kepada sang istri dan ketiga anaknya yang masih kecil. Beruntung wanita yang dinikahinya itu tetap sabar dalam kondisi tersulit sekalipun.
Sebagai buruh nelayan yang bekerja pada pemilik kapal, dulunya penghasilan pria berusia 60-an ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski demikian istrinya cukup pintar dalam mengelolah keuangan sehingga bisa menabung. Sayangnya, kondisi kesehatan Rombu tiba-tiba drop mengakibatkan ia tak lagi bisa melaut.
“Sanging posoka, dena ulle lao ditasie massapa bale apa matoa na (Selalu asma, tidak bisa lagi ke laut mencari ikan karena sudah tua),” kata Rambo menceritakan kondisinya.
Sejak itu, untuk menyambung hidup ia hanya mengandalkan uang tabungan, namun ternyata hanya cukup untuk beberapa bulan saja. Setelah terkuras habis, kini sang istri, Inna mengambil alih tanggungjawab mencari nafkah dan mengurus suami yang sakit dan ketiga putrinya.
“Ia mani majjama, lao massappa rumput laut. Biasa engka diruntu engka tonna dianre ro biasa to degaga (Saya yang bekerja, pergi mencari rumput laut. Biasa ada didapat maka ada untuk dimakan kadang pula tidak ada),” ujar wanita 35 tahun itu.
Kadang keluarga ini makan dengan laut pauk namun lebih sering hanya nasi dan garam karena uang dari hasil rumput laut tidak cukup membeli tempe. Untungnya beberapa tetangga yang mengetahui kondisinya prihatin dan membantu.
Untuk kebutuhan sehari-hari saja tidak cukup apalagi membenahi gubuk yang sudah reot. Seng karatan yang jadi penutup atas rumahnya tidak mampu menahan gerimis. Sehingga pada musim penghujan seisi rumah basah dan kebanjiran.
“Pura kobosi mo kamarakku marica to. Ko maladde i mattama wae apa bola kancing mi (dulu kalau hujan biar kamarku basah semua. Kalau deras air masuk karena hanya rumah semi permanen),” ucapnya.
Secerca harapan menghampiri keluarga ini setelah para dermawan melalui Komunitas Cinta Sedekah bekerjasama dengan sejumlah pihak melakukan pembangunan kembali pada rumahnya. Meski hanya berukuran 4X6 meter namun baginya sudah seperti istana.
“Marennu laddeka kasi madduntu bola. Dena ku marica ko bosi (Sangat bahagia dapat rumah. Tidak basah lagi kalau hujan),” ungkapnya haru, usai acara serah terima bantuan rumah.
Penyerahan bantuan secara resmi dihadiri puluhan orang dari para dermawan yang terlibat dan masyarakat setempat. Tampak hadir Pimpinan KSP Berkat Andi Makkasau, Dandim 1411 Bulukumba Budi Laksano, Kapolres Bulukumba AKBP Selamat Rianto, Koordinator Cinta Sedekah Andi Roy, dan perwakilah Radar Selatan. (**)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!