Disbudpar Target 20 Persen Pengunjung – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Disbudpar Target 20 Persen Pengunjung

BANTAENG, RADAR SELATAN — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantaeng, akan memaksimalkan peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah yang berjuluk Butta Toa itu pada 2016 ini.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Disbudpar Bantaeng, Hartawan Zainuddin, Minggu, 31 Januari. Menurutnya, dari data yang diperoleh pihaknya, jumlah peningkatan wisatawan tahun 2014 dengan 2015 meningkat sekitar 40 persen.
Pihaknya, optimistis di 2016 ini capaian pengunjung akan meningkat 20 persen dibanding 2015 lalu. “Kami optimistis jumlahnya meningkat dibandingkan tahun lalu. Kami di Bantang memiliki banyak destinasi wisata yeng terdiri dari Wisata pantai, Wisata Pegunungan dan Wisata Budaya. Potensi ini yang akan kami maksimalkan tahun 2016,” kata dia.
Peningkatan jumlah pengunjung wisata bisa tercapai kalau dibarengi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Mulai dari petugas perhotelan dan pelaku kuliner tradisional di Kabupaten Bantaeng. Tujuannya, supaya pelayanan pada pengunjung bisa maksimal pada saat melakukan kunjungan pada salah satu sektor wisata.
Dia menjelaskan, peningkatan pengunjung wisata di Kabupaten Bantaeng bukan hanya sekedar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja. Tapi peningkatan ekonomi warga yang berada di sekitar destinasi wisata tersebut jadi sasaran utama pihaknya mengembangkan pariwisata. “Capaian PAD Disbudpar Bantaeng pada 2015 mencapai sekitar Rp 3 miliar, tahun ini kami menargetkan peningkatan PAD mencapai Rp 3,5 miliar,” kata dia.
Pada 2016 pihaknya akan melakukan perhatian penuh pada sektor wisata di Kabupaten Bantaeng. Salah satu sektor wisata yang nantinya akan dimaksimalkan adalah air terjun Simoko, dan bendungan Pembangkit listrik di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng.
Dia berharap, 2016 ini perhatian pemerintah terkait akses wisata bisa memaksimalkan peningkatan ekonomi warga Kabupaten Bantaeng. “Kalau wisatawan meningkat maka kesejahteraan warga juga pasti akan meningkat,” kata dia.
Salah seorang warga Kabupaten Bantaeng, Mahyudin mengatakan, memang sudah seharusnya Disbudpar Bantaeng melakukan pelatihan secara intensif pada pegawai perhotelan di Kabupaten Bantaeng untuk meningkatkan pelayanan supaya para pengunjung yang datang bisa nyaman berada di Kabupaten Bantaeng.
“Kami mengapresiasi apa yang akan dilakukan oleh Disbudpar Bantaeng, Semoga itu bisa berjalan dengan baik karena salah satu daya tarik tersendiri adalah sektor pariwisatanya,” kata dia. (zal/ris/B)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!