KNPI Maksimalkan Potensi Pemuda – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

KNPI Maksimalkan Potensi Pemuda

* Menyongsong MEA

BANTAENG, RADAR SELATAN — Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bantaeng, Agustiawan, Rabu, 17 Februari mengatakan, melibatkan pemuda di Kabupaten Bantaeng dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam bidang ekonomi terus digodok.
Dia melanjutkan, salah satu isu internasional yang berkembang hari ini adalah isu terkait perekonomian, lebih khusus ke Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Pemuda sejak dini harus dilibatkan dalam konteks ekonomi, sebab pemuda hari ini harus memiliki pendangan jauh kedepan terkait perekonomian,” kata dia.
Salah satu cara yang dilakukan pihaknya untuk melibatkan pemuda di Kabupaten Bantaeng dalam konteks perumusan pembangunan yakni pada saat dilakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) baik di tigkat desa maupun di tingkat kabupaten.
Sehingga, pelibatan pemuda berimplikasi pada pemetaan potensi desa tempat pemuda tersebut berdomisili. “Pelibatan pemuda yang kami lakukan terutama bagi mereka yang tergabung dalam KNPI Bantaeng, selain itu kami juga sudah mengimbau pemuda supaya melakukan pemetaan potensi desa dalam konteks kepemudaan sehingga hal itu nantinya bisa di kafer oleh KNPI Kabupaten untuk diakomodir,” kata dia.
Dia mengakui, saat ini yang harus diperketat adalah konteks pendataan. Dimana data tersebut dijadikan referensi untuk melakukan usulan terkait fakta yang terjadi di suatu daerah dan potensi yang bisa di kembangkan di tempat tersebut.
Dia berharap dengan adanya pemetaan potensi pemuda desa yang dilakukan oleh DPC KNPI Bantaeng bisa berimplikasi pada pola pikir pemuda di Kabupaten Bantaeng, lebih jauh kedepan. Sehingga pada saat penerapan MEA di Kabupaten Bantaeng, para pemuda tidak lagi bingung dengan konsep ekonomi apa yang menjadi potensi di daerah pemuda tersebut masing masing.
Salah seorang pemuda di Kabupaten Bantaeng, Imran mengatakan, melibatkan sejak dini pemuda diharapkan mampu menggenjot pola pikir pemuda dimasa yang akan datang. Konsep tersebut harus matang sehingga regenerasi ditubuh KNPI Bantaeng bisa berjalan dengan baik. (zal/ris/B)

To Top