Bupati Susun RPJMD Baru – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Bupati Susun RPJMD Baru

REPORTER: AKBAR WAHYUDI
EDITOR: RISKANDI NUR

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — AM Sukri Sappewali dan Tomy Satria Yulianto telah dilantik sebagai Bupati dan wakil bupati periode 2016-2021. Pasangan yang bertagline “ST15” ini tengah mempersiapkan diawal kepemimpinannya, terkhusus menyusun ulang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bulukumba, Andi Bau Amal mengatakan, saat ini tengah proses penyusunan. Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) kata dia, telah menyesuaikan RPJMD terkait seluruh visi misi pembangunan pasangan AM Sukri Sappewali dan Tomy Satria selaku pemenang. Ia memperkirakan jika penyesunan rampung paling lama sekitar enam bulan.
“Paling lama enam bulan setelah pelantikan tersebut sudah ada RPJMD tesebut. Sebab akan banyak pertimbangan dan kajian dalam penyusunan tersebut, salah satunya program yang pemerintah pusat,” kata Andi Bau Amal, Kamis 18 Februari.
Untuk itu semua SKPD, kata dia, harus mendukung kegiatan penyusunan itu. Sebab Visi misi Bupati bulukumba terpilih akan terangkum dalam RPJMD tersebut. Menurutya, Karena dokumen RPJMD merupakan dokumen yang mutlak harus ada dalam penyelenggaraan pemerintahan serta RPJMD dalam penjabaran Visi Misi dan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Karena yag terpilih adalah Sukri – Tomy, maka merekalah yang berhak dan mendapat mandat dari Undang-undang untuk menyusun RPJMD 2016-2021.
“Maka sejak dilantik, Sukri – Tomy memiliki beberapa bulan waktu untuk menyelesaikan dalam menyusun dokumen perencanaan daerah. Mau dibawa kemana Kabupaten Bulukumba. Tentunya sesuai dengan visi misi dan program yang telah disampaikan ke KPU dan saat kampanye di tengah kalangan masyarakat,” jelasnya.
Sementara, Tomy Satria selaku wakil bupati mengatakan, RPJMD yang sebelumnya sudah berakhir. Sehinggga dengan demikian penyusunan RPJMD untuk lima tahun kedepan perlu yang baru. Ia mengatakan, musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) yang saat ini dilakukan di setiap kecamatan telah mengawal visi misinya. ” Jadi tidak akan kami revisi namun menyusun yang baru. Saat ini tim lagi menyinkronkan dengan bappeda. Apalagi Musrembang yang saat ini berjalan juga sudah mengawal apa yang menjadi visi misi kami,” kata Tomy.
Untuk awal pemerintahanya, kata Tomy ia ingin melakukan beberapa perombakan pengerjaan yang dianggap masih butuh perbaikan yaitu misalnya penataan kota yang harus terintegritasi, dimana hal tersebut terkait menyikapi persolan potensi banjir yang masih menghantui kota Bulukumba. ” Termasuk juga melakukan optimalisasi pelayanan kesehatan yang masih dianggap kurang dirasakan oleh masyarakat, terkhusus untuk pelayanan gratis,” jelasnya. (**)

To Top