Dewan Rekomendasikan Bupati Prioritaskan Irigasi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Dewan Rekomendasikan Bupati Prioritaskan Irigasi

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — DPRD Bulukumba, merekomendasikan agar supaya bupati baru, Andi Sukri Sappewali dan wakil bupati Tomy Satria, memprioritaskan perbaikan pembangunan sarana irigasi pertanian. Usulan perbaikan ini dilakukan guna menghindari kegagalan panen padi warga yang setiap tahun terjadi dibeberapa wilayah berbeda.
Ketua Komisi B DPRD Bulukumba, Andi Tenri Allang, mengatakan, pihaknya mengusulkan perbaikan irigasi pertanian menjadi prioritas tanpa mengabaikan yang lain, karena msalah ini banyak dipertanyakan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) baik di desa maupun ditingkat kecamatan.
Bagaimana pembangunan sarana prasana irigasi bisa menjadi perhatian khusus bupati terpilih kedepannya. Apalagi jumlah lahan pertanian di Bulukumba cukup besar dibanding beberapa daerah lain di Sulsel. “Ini sangat penting. Ini berbicara masalah kehidupan warga. Makanya, kami harap ini menjadi perhatian khusus,” ujarnya, di Bulukumba kemarin.
Menurutnya, meskipun dalam Musrembang usulan pembangunan fisik masih mendominasi dibandingkan yang lainya. Namun, yang perlu segera mendapat tindaklanjut dan patut masuk dalam agenda Tahun Anggaran (TA) 2016 adalah pembangunan irigasi pertanian, dan pembenahan sarana prasarana yang dianggap sudah tidak layak.
Termasuk akses jalan sawah yang perlu pembenahan supaya pengangkutan hasil pertanian warga bisa berjalan lancar. Sejauh ini, beberapa jalan sawah masih rusak parah. Belum pernah ada lagi perbaikan dari dinas yang berwenang. “Harus masuk. Ini aspirasi dan banyak disuarakan warga bawah,” jelasnya.
Atas keinginan warga, lanjutnya, pihaknya sangat mendukung langkah Pemkab segera membenahi sarana prasarana pertanian. Sebab, dianggap sangat penting kemudian menyangkut kepentingan petani yang berada disepuluh kecamatan. Selain pertimbangan fasilitasi pada bidang pertanian, kondisi ini juga menyangkut dampak perekonomian di masyarakat.
Apalagi, mayoritas warga hanya mengandalkan hasil pertanian beruapa padi dan beberapa sumber penghasilan lainnya. “Kalau ini bagus maka perekonomian warga jelas akan meningkat. Sebagian kan berpenghasilan sawah. Apalagi, di Gantarang, saya kira perlu perhatian khusus bupati baru,” ujar legislator asal dapil Gantarang-Kindang ini.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bulukumba, Andi Syafrul Patunru, mengemukakan, bahwa usulan yang masuk dalam Musrembang banyak yang mengarah ke pembangunan fisik. Bahkan, didalamnya ada usulan pembangunan sarana prasaran irigasi pertanian.
“Semua usulan akan ditampung, dan ini akan dilihat yang mana yang lebih urgen untuk ditindaklanjuti. Termasuk usulan fisik untuk sarana prasarana pertanian. Namun, semua ini akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemkab Bulukumba yang dimiliki. Kemudian mana yang masuk prioritas perbaikanya,” katanya. (one/ris/B)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!