Hari Pertama, Bupati Langsung Temui Menteri Desa – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Hari Pertama, Bupati Langsung Temui Menteri Desa

REPORTER: AKBAR WAHYUDI
EDITOR: RISKANDI NUR

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Senin pertama sebagai Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali bergerak cepat. Sukri langsung menemui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, di Jakarta.
Pertemuan keduanya dilakukan usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 22 Februari.
Menurut Sukri, rakornas juga membahas evaluasi penggunaan dana desa tahun 2015, serta persiapan penyaluran dan penggunaan dana desa untuk tahun 2016. “Intinya adalah kita ingin ada kepastian regulasi yang diterapkan berkaitan dengan penggunaan dana desa. Regulasi itu bisa berupa PP, Permen, dll,” ujar A. Thayeb, Sekretaris PMD Bulukumba yang mendampingi Bupati Bulukumba di Rakornas, saat dihubungi Radar Selatan via whatsapp, kemarin.
Dijelaskan Thayeb, usai Rakornas, Andi Sukri menemui Marwan Jafar dan berdiskusi soal pembangunan desa. “Alhamdulillah Pak Menteri meyambut baik dan memberi apresiasi. Apalagi ada komitmen dari Pak Bupati mengenai pengawalan dari pihak Pemda dalam hal pembangunan desa. Mulai dari perencanaan, hingga evaluasi serta pemanfaatan hasil-hasil pembangunan,” urai Thayeb.
Ditegaskan Sukri, segala out put pembangunan harus dapat difungsikan atau dimanfaatkan oleh masyarakat. “Intinya tidak ada alasan lagi masyarakat tidak merasakan pembangunan karena anggarannya dari pusat sudah ada dan semua langsung ke desa,” ujar Sukri.
Sementara itu, Andi Sukri mengaku, ia menemui Marwan Jafar pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pembangunan dan Pemberdayan Desa. Pada kesempatan tersebut, ia banyak berdiskusi soal pembangunan desa yang telah menjadi program utama PDTT.
“Alhamulillah, setelah saya banyak berdiskusi, pak Menteri bahkan siap datang di Bulukumba, untuk melihat langsung bagaimana pembangunan di desa di daerah ini,” kata Andi Sukri, saat dihubungi via ponselnya kemarin, mengaku kini telah berada di Ibu Kota Negara.
Andi Sukri mengatakan, apa yang dilakukan di Jakarta dengan menemui Menteri Desa PDTT, tak lain hanya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bulukumba sendiri. Tujuannya, agar pembangunan desa di Bumi Panrita Lopi bisa terus dikembangkan.
“Apa yang saya lakukan untuk kepentingan masyarakat Bulukumba, saya juga menginginkan agar pertumbuhan pembangunan di desa bisa berkembang dengan baik,” kata Mantan Bupati, periode 2005-2010 itu.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bulukumba, H Kurniady mengaku, kini tengah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pembangunan dan Pemberdayan Desa. “Ia saya sementara mengikuti kegiatannya,” singkatnya, saat dihubungi via ponselnya, kemarin. (**)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!