KSP Berkat Siapkan Rp 270 Miliar – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

KSP Berkat Siapkan Rp 270 Miliar

* Untuk UMKM

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Keberadaan koperasi memiliki keterikatan yang kuat dengan tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Alasan itulah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat menyediakan dana permodalan kredit sebanyak Rp 270 miliar dari aset Rp 300 miliar.
Pimpinan Koperasi Simpan Pinjam (KSP)Berkat Andi Makkasau pada acara Rapat Anggota Tahunan (RTA) di Hotel Agri mengungkapkan, koperasi yang telah berdiri selama 48 tahun bisa memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.     Sehingga pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan KSP Berkat. “Itu sudah menjadi komitmen kami di perusahaan agar dengan cara seperti ini bisa berkontribusi memajukan daerah,” katanya, Kamis 25 Februari.
Pria yang karib disapa Karaeng Lompo ini menguraikan bahwa ada 35 persen dari jumlah tersebut diperuntukkan untuk pegawai negeri sipil (PNS) serta 65 persennya untuk UMKM yang tersebar di 71 cabang se Sulselbar. Saat ini kata dia, telah ada kurang lebih 70 UMKM yang dimodali dimana 80 persen itu ada di Kabupaten Bulukumba. “Itu berdasarkan pembukuan tahun ini,”jelasnya.
Ia berharap koperasi yang beridiri tahun 1967 itu bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian bukan hanya Bulukumba namun secara nasional. Bahkan pihaknya mempersiapkan diri untuk menjadi koperasi global yang mendunia.
Acara yang dihadiri ratusan karyawan serta anggota  KSP Berkat itu juga dihadiri oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali. Bupati yang baru saja dilantik ini mengungkapkan bahwa sebagai koperasi yang telah berdiri selama 48 tahun, KSP Berkat dinilai telah memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan perekonomian daerah.
“KSP Berkat telah mengambil peran srategis dalam pembangunan daerah khususnya di Bulukumba,”katanya di depan ribuan anggota serta karyawan KSP Berkat, kemarin.
Menurut Sukri, keberadaan koperasi tersebut telah membantu banyak Usaha Kecil Menengah (UKM). Ia berharap KSP Berkat yang telah membuktikan eksistensi dan menunjukkan kejayaan bisa menjadi induk bagi koperasi lain. “Harapan kita ini bisa jadi induk koperasi khususnya koperasi yang dapat bantuan dari pemerintah,” katannya. (fjr/**)

To Top