Mesin Tanam Padi jadi Solusi – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Mesin Tanam Padi jadi Solusi

GANTARANG, RADAR SELATAN — Keluhan mahalnya biaya tanam padi menjadi salahsatu keluhan petani di  Kecamatan Gantarang terutama bagi mereka yang melakukan penanaman padi secara tandur jajar dan legowo.
Lurah Jalanjang, Ahmad Yusri mengatakan, salah satu cara untuk mengurangi biaya pertanian waga adalah dengan alat tanam padi. Saat ini kelompok tani di Kelurahan jalanjang mendapat bantuan alat tanam padi dari dinas Pertanian Tanaman pangan dan ortikultura Bulukumba.
Mesin tanam padi tersebut diharapkan bisa menjadi solusi petani selama ini yang mengeluhkan mahalnya biaya tanam padi. “Sebenarnya bukan hanya biaya tanam yang mahal, tapi buruh tanam padi juga saat ini tidak banyak lagi,” kata dia.
Koordinaor Penyuluh Kecamatan Gantarang, Komang mengatakan, dengan adanya mesin tanam padi tersebut bisa meningkatkan produksi pertanian warga. Penanaman yang lebih cepat dan tepat waktu diharapkan berdampak pada produksi padi warga khususnya bagi kelompok tani yang mendapatkan bantuan tersebut.
“Mesin tanam padi itu bisa menyelesaikan penanaman padi hanya 4 jam dengan luas lahan persawahan 1 hektare,” kata dia. (zal/jas/b)

To Top