Berinvestasi di Bantaeng Lebih Dipermudah – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Berinvestasi di Bantaeng Lebih Dipermudah

* Masuk Kategori KLIK

BANTAENG, RADAR SELATAN — 14 kawasan industri di Indonesia mendapat fasilitas khusus dari pemerintah pusat. Satu diantaranya Kabupaten Bantaeng untuk wilayah Indonesia Timur. Fasilitas khusus yang dimaksud itu dengan memberikan kecepatan terhadap para investor untuk mengurus investasinya.
Direktur Utama Perusda Kabupaten Bantaeng atau selaku penanggung jawab Kawasan Industri Bantaeng (KIB), Taufik Fachruddin mengungkapkan, pengurusan yang dipercepat serta dimudahkan itu telah dibuktikan dengan penandatanganan yang bernama Kawasan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) di gedung Istana Kepresidenan, belum lama ini.
Dimana yang bertandatangan adalah dari pihak Polri, Jaksa Agung, Kementrian BPKM, Kementrian Perhubungan, Kementrian ESDM, Kemendagri, Serta Gubernur Sulsel dan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah. “Kawasan industri Bantaeng adalah satu-satunya kawasan industri di wiliyah Indonesia Timur yang mendapatkan fasilitas tersebut,”katanya.
Dengan adanya ini kata dia, maka akan sangat mudah. Misalnya kata Taufik, hari ini investor mendapatkan izin investasi atau izin prinsip dari bupati, maka besoknya sudah bisa langsung memulai konstruksi pembangunan proyek atau pabriknya.
“Setelah mendapatkan izin investasi maka secara otomatis akan di keluarkan delapan izin lokal dan beberapa izin dari pusat yang dalam pelaksanaannya tidak melebihi 3 jam. Termasuk RPTKA (rencana penggunaan tenaga kerja asing), Izin Import dan lainnya,” jelasnya.
Ia mengatakan, KIB dianggap memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas tersebut karena setelah melalui beberapa proses cek administrasi dan cek lapangan. “Ini tidak lepas dari peranan pemerintah setempat,” tambahnya.
Sementara, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah sangat mengapresiasi pemerintah pusat dengan memilih kawasan industri Bantaeng. Ia menganggap karena memang saat ini arus investor yang minat dan masuk ke Bantaeng begitu besar.
“Dan dengan adanya fasilitas yang pemerintah berikan untuk Kawasan Industri Bantaeng ini akan lebih mempercepat seluruh proses perijinan dan teknis lapangannya,” jelasnya. (awa-zal/ris/B)

To Top