40 Guru Bantaeng Akan Sekolah Gratis – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

40 Guru Bantaeng Akan Sekolah Gratis

BANTAENG, RADAR SELATAN –Sebanyak 40 orang tenaga guru lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng, akan menerima bantuan beasiswa program studi lanjutan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan tahap pertama.
Para guru yang menerima sekolah gratis ini merupakan hasil kerjasama pemerintah dengan LPDP melalui Memorandum Of Understanding (MOU) sebelumnya.
Direktur utama LPDP Kementerian Keuangan, Eko Prasitio, mengungkapkan, program beasiswa bagi pegawai sudah berlangsung lama sebenarnya, hanya selama ini belum terpublikasi secara seluas, sehingga sebagian daerah memang belum mengetahui soal program yang dimiliki LPDP.
Namun, dia berharap dengan hasil kerjasama apkasi lewat Pemkab Bantaeng dan publikasi diharapkan semua elemen masyarakat bisa lebih mengetahui, baik sistem pendaftaran maupun kelengkapan berkasnya didalam penerimaan mahasiswa sendiri. Bahkan, program kerjasama studi sudah MoU dengan pemerintah Bantaeng. “Saya kesini atas undangan bupati. Kita mau kerjasama beasiswa bagi pegawai,” ujarnya, kemarin.
Menurutnya, program beasiswa bagi pegawai ini terbagi dua, ada diluar negeri dan dalam negeri sendiri. hanya, tahun ini LPDP lebih memprioritaskan penerimaan didalam negeri hingga 60 persen. Mereka yang akan diterima mulai dari program starata satu (S1), dan S2. Bedanya bagi magister yang ingin melanjutkan pendidikan ada batasan umur sampai 35 khususnya yang masuk dalam reguler.     Sedangkan, pendaftaran kapan saja bisa dilakukan, karena cukup melalui online, selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas layak lulus atau tidak. “Terbuka sepanjang tahun. kapan saja bisa mendaftar. karena kan cukup dionline. Nanti kita verifikasi berkasnya,” jelasnya.
Kerjasama awal ini, lanjut dia, tidak hanya sampai disini sebenarnya, pihak pemerintah berhak merekomendasikan kembali pegawai yang akan mengikuti program beasiswa gratis setelah kembali yang tahap pertama. Jumlah kuota beasiswa yang diberikan juga tidak terbatas, sebab bisa melebihi dari 40 orang jika memenuhi syarat dalam pendaftaran.
Bahkan, kalau jumlah pendaftar dianggap banyak, maka besar kemungkinan tes akan dilakukan di Bantaeng sendiri. tujuannya, guna memberikan kemudahan bagi mereka yang akan mengikuti program studi. “Kalau Bantaeng, mungkin tesnya dilakukan di Makassar. Tapi, kalau banyak maka mungkin disini saja. biar lebih mudah dan tidak merepotkan,” ungkapnya.
Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah mengaku, kerjasama LPDP ini merupakan berkah bagi Bantaeng, karena pemerintah memang sedang berupaya bagaimana meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk didalamnya dokter spesialis.
Sehingga, dengan kehadiran LPDP ini akan semakin memberi semangat baru dalam meningkatkan SDM pegawai kedepannya. Apalagi, LPDP sudah membekap memberikan beasiswa secara gratis, tinggal daerah menyiapkan semua yang dibutuhkan kedepannya.
“Kami sangat bersyukur. LPDP bisa memberikan beasiswa. karena kalau APBD diharapkan tidak mampu. Kita APBD hanya berapa saja,” kata dia, sesuai penandantangan MOU di Gedung Kartini Bantaeng.
Dia berjanji akan mempersiapkan secara baik sebelum menghadapi seleksi beasiswa di LPDP ini. Mulai, kata dia, bahasa yang harus dikuasai, kemudian beberapa persyaratan lainnya. sebab, persaingan untuk lolos sangat ketat, karena ada beberapa daerah. Makanya, jauh sebelum harus dipersiapkan baik, bahkan kerjasama awal ini diharapkan bisa berlanjut kedepannya.
“Kami di daerah akan menyiapkan secara baik. mulai dari bahasa sampai poin lainnya. Termasuk mereka yang ingin melanjutkan program studinya. Apalagi, seleksi saya kira ketat sekali. Harus ada persiapan jauh sebelumnya,” katanya. (awa/ris/B)

To Top