DPRD Usulkan PNS TK Dialihfungsikan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

DPRD Usulkan PNS TK Dialihfungsikan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Kurangnya Guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bulukumba, membuat DPRD mengusulkan guru berstatus PNS di Taman Kanak -Kanak (TK) di alihfungsikan ke Tingkat yang lebih tinggi, dengan alasan TK masih milik yayasan ataupun Swasta.
Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Fahidin HDK mengungkapkan, dengan tidak adanya regulasi terkait pengangkatan honorer, dan kurangnya kuota penerimaan PNS di Bulukumba membuat daerah harus memikirkan masalah pemerataan guru.
Dia mengaku, untuk meratakan guru PNS di Bulukumba dia mengusulkan untuk mengalihfungsikan atau memindahkan seluruh guru TK yang berstatus PNS kejenjang yang lebih tinggi seperti Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
“Kitakan baru memiliki 2 TK Negeri, jadi yang masih berstatus swasta pindahkan saja agar PNS-nya bisa dimanfaatkan, kinerjanya juga tidak maksimal kalau di TK karena hanya sampai jam 10, honorer saja kita pindahkan kesana,” ujarnya,.
Kasi Tenaga Teknis dan Pendidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bulukumba, Irmayanti Asnawi, mengungkapkan setuju dengan usulan DPRD, hanya saja menurutnya, tidak semua yang boleh dipindahkan kejenjang yang lebih tinggi seperti guru PNS yang bersatatus linear, dikarenakan mereka yang menunjang pendidikan di TK.
“Kasihan kalau dipindahkan, apa lagi yang sudah sertifikasi, kecuali yang memang bukan sarjana PAUD boleh saja,” ujarnya.
Irma menjelaskan, dari 1.400 guru yang berstatus PNS, hanya sekitar 300 yang berstatus PNS, yang terdiri dari 315 TK milik swasta, 20 kelompok bermain, dan 4 TPA, dan 2 yang berstatus Negeri.
Bupati Bulukumba, A M Sukri Sappewali tidak lama ini berjanji akan melakukan pemerataan guru hingga pelosok daerah, agar pendidikan bisa merata. “Insya Allah dipemerintahan saya dan Pak Tomy pemerataan guru akan kami lakukan,” singkatnya. (awa/ian)

To Top