Operasi Simpatik, Polisi Bagi-bagi Bunga – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Jentago

Operasi Simpatik, Polisi Bagi-bagi Bunga

JENEPONTO, RADAR SELATAN — Operasi Simpatik 2016 yang digelar jajaran Satlantas Polres Jeneponto, Kamis 3 Maret kemarin sedikit berbeda dari biasanya. Selain berpakaian adat Bugis-Makassar, polisi juga membagi-bagikan bunga kepada pengendara.
Operasi yang dipimpin Wakapoles Jeneponto, Kompol Muh. Amin ini menerjunkan sedikitnya 40 perseonel gabungan. Amin terlihat ikut membagikan bunga kepada setiap pengendara yang melintas.
“Pakaian baju Bodo ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap budaya daerah khususnya di Kabupaten Jenpeponto ini. Namanya juga operasi simpatik, jadi kita harus memberikan kesan simpatik kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas dan memetahui rambu-rambu lalu lintas,” terangnya ditemui di sela-sela operasi, kemarin.
Dalam operasi ini, lanjut Amin, 20 persen penindakan dan 80 persen pembinaan berupa himbauan kepada pengendara agar menaati setia aturan atau teta tertib belalu lintas. “Hanya 20 persen penindakan, selebihnya hanya berupah himbauan pada pengendara,” tambahnya.
Pemandangan yang tidak biasa ini cukup menarik perhatian pengendara yang melintas. Bahkan beberapa di antaranya mengapresiasi sikap ramah dan tamah, sekaligus mengubah kesan kurang simpatik yang selama ini melekat di institusi Polri.
“Biasanya kan sangar-sangar polisinya, sekarang terbalik, ramah-ramah semua. Semoga ini awal yang baik bagi polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, bukan sebaliknya,” ucap Rahmat salah seorang pengendara. (ded/man/b)

To Top