BPBD Tetap Pantau Cuaca – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

BPBD Tetap Pantau Cuaca

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, tetap waspada di musim penghujan. Itu dilakukan agar tanggap dalam menangani bencana.
Kepala Badan BPBD Bulukumba, Akrim Andi Amir mengatakan, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD melanjutkan posko penanggulangan bencana yang dilakukan pada Januari lalu. Posko kedua dilakukan selama Maret, namun tidak menutup kemungkinan ada perpanjangan apabila cuaca mengkhawatirkan. “Nanti dilihat situasinya apakah diperpanjangan atau tidak,” katanya.
Posko bencana, kata Akrim dijaga tiga tim secara bergantian dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan masing-masing tim terdiri tujuh sampai delapan orang. Posko induk kegiatan ini berlokasi di kantor BPBD.
Untuk informasi bencana, Akrim mengaku pihaknya terbantu dengan fasilitas warning system (WRC) sebagai alat pengamatan dini cuaca. Dengan alat canggih tersebut pihaknya bisa melihat ramalan cuaca se Indonesia.
“Hari ini (kemarin, red) melalui WRC Bulukumba hujan ringan dengan kecepatan angin 30 kilometer per jam, arah angin barat, dengan kelembaban 26 sampai 30 celcius,” jelasnya sambil menunjukkan cara kerja WRC. (jar/ris)

To Top