Di Bulukumba Kebersihan Lingkungan Berhadiah Mobil? – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Di Bulukumba Kebersihan Lingkungan Berhadiah Mobil?

REPORTER: ANJAR S MASIGA
EDITOR: RISKANDI NUR

#Ciptakan Budaya Bersih

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Kebersihan menjadi salah satu permasalahan yang menyita perhatian Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto. Demi terciptanya budaya kebersihan para kepala lingkungan dijanjikan hadiah fantastik.
Lomba ini, kata Tomy memiliki prinsip dasar ingin menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan untuk memberikan semangat kepada kepala lingkungan khususnya di perkotaan. Selain itu, sebagai ujung tombak pemerintahan ia bertanggungjawab agar wilayahnya tetap bersih.  “Mulai sekarang sudah penilaian, nanti 17 Agustus pengumuman juaranya,” ungkapnya.
Sebagai bentuk penghargaan, dirinya akan mengajak BUMN, pengusaha, dan perbankan untuk mengapresiasi usaha kepala lingkungan dalam upaya kebersihan. Ia berjanji akan memberikan hadiah fantastik bagi pemenang lomba. “Hadiahnya belum pasti, bisa umroh atau mobil. Untuk lingkungan yang berprestasi hadiahnya menariklah,” ujar wakil ketua DPRD Bulukumba ini.
Karena kebersihan menjadi tanggungjawab bersama, mantan aktivis lingkungan ini mengajak seluruh warga Bulukumba untuk menyadari pentingnya kebersihan. Pemerintah maupun masyarakat harus bekerja keras demi menjadikan Bulukumba sebagai tempat yang nyaman ditinggali maupun dikunjungi. Dengan kesadaran masyarakat Bulukumba, ia percaya dalam waktu dekat Bulukumba bebas banjir dapat dicapai.
“Supaya Bulukumba yang kita cintai bisa lebih bersih dibanding kabupaten lain. Dan sudah seharusnya Bulukumba jadi pusat perhatian karena kota kita patut menjadi contoh, tinggal kesadaran,” tambahnya.
Terpisah, Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki mengatakan, pihaknya mendorong penuh lomba kebersihan tingkat lingkungan. Sebagai kota peraih Adipura, sudah seharusnya memiliki warga yang tingkat kesadaran akan kebersihan lingkungan yang tinggi.
Serta mendorong agar di tiap lingkungan terdapat bank sampah agar volume sampah yang terbuang ke TPA berkurang.
“Kalau perlu dibuat banyak bank sampah agar ada pemilahan sampah dan juga diberi hadiah pada bank sampah yang memiliki tabungan yang banyak,” katanya. (**)

To Top