Pajak Randis Menunggak Rp 300 Juta – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Pajak Randis Menunggak Rp 300 Juta

BULUKUMBA,RADAR SELATAN — Pajak kendaraan dinas (Randis) lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, menunggak sebesar Rp 300 juta.
Administrasi Pelayanan, Samsat Bulukumba, Syamsul Bahri, Jumat 4 Maret lalu mengungkapkan, jika dari total piutang daerah sebesar Rp 400 juta kini sisa Rp 300 juta, dan dalam perlancar pembayaran piutang, Samsat akan melakukan sweeping agar piutang bisa dibayarkan langsung oleh pengguna kendaraan dinas.
Tercatat 777 kendaraan dinas di Pemkab Bulukumba diketahui belum dibayarkan pajaknya. Menurut Syamsul dia telah mengajukan daftar kendaraan yang menunggak guna secepatnya dibayarkan oleh tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“Sweeping ini bukan saja untuk hanya kendaraan Dinas, namun semua kendaraan, karena menurut Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) banyak aset yang telah dilelang, namun belum dibalik namakan sehingga masih terikat menjadi aset daerah,” ujarnya.
Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Bulukumba, A. Mappiwali, yang dikonfirmasi mengakui jika piuatang daerah yang terdaftar di Samsat sebesar Rp 400 juta. Hanya saja menurutnya piutang didaerah menumpuk dikarenakan banyaknya kendaraan dinas yang telah lelang belum dibalik nama menjadi pengguna sekarang.
“Bukan aset daerah itu yang mengutang, namun kendaraan yang sudah dilelang, jadi saya setuju kalau Samsat mau melakukan siping karena memang bukan utang daerah,” ujarnya.(awa/ris/B)

To Top