Warga Bantaeng Laksanakan Sholat Kusuf Gerhana di Dua Mesjid – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Warga Bantaeng Laksanakan Sholat Kusuf Gerhana di Dua Mesjid

BANTAENG, RADAR SELATAN — Ratusan warga bantaeng sangat antusias menghadiri pelaksanaan sholat gerhana matahari atau dalam ilmu fiqih disebut juga sholat kusuf. Kegiatan Sholat gerhana tersebut dilaksanakan Hari ini rabu 09 Maret 2016 mulai pukul 08.00 wita sampai pukul 09.00 wita.
Pelaksanaan Sholat Gerhana sudah diimbaukan sebelumnya oleh pengurus mesjid agung dari beberapa hari yang lalu melalui khotbah sholat magrib.
Berhubung dengan adanya informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengumumkan gerhana matahari total (GMT) akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 melalui siaran persnya pada 14 Februari kemarin. Maka Pemerintah Kabupaten Bantaeng secara sigap menyerukan agar warga kota Bantaeng pada khususnya melaksanakan sholat gerhana matahari sebagai bentuk rasa takut kepada sang pencipta, terkait fenomena alam yang terjadi saat ini.
Pelaksaan sholat gerhana ini dihadiri Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab,Perwakilan Bupati Bantaeng yang juga selaku Ketua Umum Pengurus Mesjid agung Syech Abdul Gani bersama Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bantaeng, Ibu Vinka Nada Kasih. Dalam menghadapi fenomena alam yang cukup langka ini ia juga menghimbau agar masyarakat tidak menimbulkan spekulasi yang berlebihan dalam menanggapi fenomena gerhana matahari total yang terjadi di Indonesia ini.
“Warga perlu menyikapi fenomena ini sebagai proses orbit atau proses alam yang harus direspon dengan cara yang islami atau keagamaan, dengan mencari pendapat melalui para ulama yang terpercaya.” kata Abdul wahab.
Kegiatan ini juga dilaksanakan di Mesjid Tompong, yakni masjid tertua di Kabupaten Bantaeng yang dihadiri oleh Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah. “Untuk pelaksanaan sholat gerhana kami selaku pemerintah kabupaten bantaeng telah membagi dua lokasi pelaksanaan sholat gerhana matahari di dua masjid atau di dua tempat terpisah, yakni Mesjid Agung Syech Abdul Gani di Kelurahan Palantikan Kecamatan Bantaeng, dan Masjid Tompong di Kelurahan Letta Kecamatan Bantaeng. Bupati Nurdin Abdullah di Masjid Tompong dan saya sendiri selaku Sekda Kabupaten Bantaeng di Masjid syech abdul gani, ungkap sekda Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab.”
“Selain lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta, kegiatan shalat yang dipusatkan di Mesjid ini juga memberi hal positif bagi warga khususnya Kabupaten Bantaeng sebagai simbolis persatuan kami saat memenuhi dan melaksanakan sholat di Mesjid secara berjamaah. Tutupnya.”[ian]

To Top