Bupati Ajak Ibu-ibu Bawa Anak untuk Vaksin Polio – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Bupati Ajak Ibu-ibu Bawa Anak untuk Vaksin Polio

* Gratis selama Pekan Imunisasi Nasional, 8-15 Maret

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali mengajak ibu-ibu baik yang ada di kota maupun di pelosok pedesaan untuk membawa anak-anak balita mereka ke pos kesehatan terdekat baik posyandu maupun puskesmas, selama Pekan Imunisasi Nasional (PIN) , 8-15 Maret 2016.
Sukri dalam sambutannya mengatakan, jangan ada keraguan untuk membawa anak-anak kita yang berusia 0-59 bulan untuk divaksin polio. “Idi maneng kalo makkita ki ada anak bayi dan balita, ajak ki ke puskesmas atau posyandu,” ujar Sukri, di hadapan para kader dan warga Bulukumba yang hadir pada pencanangan PIN 2016 di Puskesmas Terang-terang, Selasa 8 Maret.
Turut hadir pada pencanangan PIN 2016, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria, Wakil Ketua TP PKK Bulukumba, Siti Isniyah, Dandim 1411 Bulukumba, Budi Laksana, Kadis Kesehatan Bulukumba, Abd. Gaffar dan Camat Ujung Bulu, Aprisal.
Ditegaskan Sukri, pemerintah sangat konsen pada masalah kesehatan. Imunisasi polio merupakan komponen dari lima imunisasi dasar untuk menjaga kesehatan dan kualitas anak-anak.
“Saya mau seluruh masyarakat Bulukumba bisa terlayani kesehatannya dengan baik. Saya tidak mau dengar lagi ada warga yang tidak dilayani hanya karena tidak mampu atau tidak punya uang,” tegas Sukri.
Kepada para perawat dan petugas kesehatan, Sukri meminta agar bersikap ramah dan murah senyum kepada pasien. “Jangan ada perawat yang cemberut hadapi pasien. Senyum saja itu bisa menyembuhkan,” ujarnya disambut applaus undangan.
Sukri juga mengingatkan setiap perusahaan untuk mengikutkan karyawannya pada program BPJS kesehatan. “Kalau ada perusahaan yang belum mengikutkan karyawannya pada program BPJS, maka perusahaan itu akan diberi peringatan,” tandasnya. Sementara itu, Dinkes Bulukumba menargetkan 31.782 anak akan mendapatkan imunisasi Polio di kegiata Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dimulai kemarin pada 8 hingga 15 Maret mendatang.
Dalam louncing PIN, Ratusan ibu-ibu mendatangi pos PIN Polio 2016, dikelurahan Terang-Terang, kecamatan Ujungbulu, Selasa 8 Maret. Posyandu Teratai 2 dikelurahan tersebut merupakan salah satu tempat PIN Polio. Anak umur 0 hingga 59 bulan akan mendapatkan vaksin polio dari petugas  Dinas Kesehatan Bulukumba.
Wakil Ketua Supervisor PIN Polio, Hj Wahidah, mengaku menyiapkan 556 pos yang tersebar di 136 desa dan kelurahan di Bulukumba yang menjadi tempat bagi masyarakat mendapatkan pelayanan vaksin polio gratis. Dalam pelaksanaan PIN polio ini Dinkes menarget 31.782 anak yang menjadi sasaran vaksin polio.
Dinas Kesehatan Bulukumba menargetkan puluhan ribu anak anak umur 0 hingga 59 bulan, akan divaksin polio gratis. PIN Polio sendiri yang dicanangkan pemerintah bertujuan meningkatkan kekebatalan tubuh anak, terutama dari serangan penyakit polio.
“Terget kita adalah 31.782 anak yang akan jadi sasaran immunisasi polio,disini louncingnya, dan seluruh Fasilitas Kesehatan (Faskes) turut melaksanakan PIN,” kata Hj Wahidah. (awa/ris/B)

To Top