FMM Empat Kabupaten Tolak BPJS Kesehatan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Jentago

FMM Empat Kabupaten Tolak BPJS Kesehatan

GOWA, RADAR SELATAN — Aktivis Forum Masyarakat Madani (FMM) empat kabupaten yang bergerak di bidang kesehatan serentak menolak program asuransi kesehatan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehetan. Keempat daerah tersebut masing-masing Bulukumba, Gowa, Wajo, dan Pinrang.

Ketua FMM Bulukumba, Muhajir mengatakan, program BPJS Kesehatan bukannya memberikan solusi tapi justru memicu masalah baru dalam pelayanan kesehatan khususnya di Sulsel. Dari pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dimana masyarakat tidak perlu menunggu 14 hari  untuk bisa menikmati pelanan gratis.

“Serta prosedur yang ditempuh cukup sederhana dibanding BPJS Kesehatan,” ungkapnya dalam regional meeting tingkat pronvinsi yang dilaksankan di Hotel Celebes, Kecamatan Malino, Kabupaten Gowa, Selasa 22 Maret.

Senada diungkapkan Ketua FMM Gowa, Hasniati. Menurutnya, masyarakat lebih senang dengan Jamkesda, tapi setelah adanya BPJS Kesehatan diintegrasikan merusak tatanan pelayanan kesehatan di Kabupaten Gowa. BPJS kata dia, ini bukan membantu masyarakat malah menyengsarakan masyarakat.

“Misalkan kemarin masyarakat bisa menikmati pelayanan gratis tapi sekarang dia harus membayar perbulan ansuran BPJS. Dimana letak kemanusiaan kebijakan ini,” keluhnya.
FMM Wajo, Sufriadi mengaku kurang setuju dengan pelayanan BPJS Kesehatan dan terkesan tidak berprikemanusiaan. Bahkan setelah penerapan BPJS Kesehatan di pelayanan kesehatan di Wajo menjadi bobrok. “Sepulang dari pertemuan ini kita akan tolak (BPJS Kesehatan, red) di Wajo,” tegasnya.

Perwakilan dari BPJS Kesehatan Sulsel, A. Rismaniswati Saeful mengatakan, sistem BPJS Kesehatan harus dipahami bersama bahwa ini program pemerintah, tentu memikirkan dampaknya pada masyarakat. BPJS Kesehatan menerapkan sistem gotong royong, dengan program ini mengajak semua kalangan termasuk kalangan elit. “Apapun masukan dari masyarakat kami akan terima,” katanya. (jar/man/b)

 

To Top