Listrik di Sembilan Instansi Terancam Diputus – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Jentago

Listrik di Sembilan Instansi Terancam Diputus

* Menunggak Tagihan Hingga Rp 200 Juta

JENEPONTO, RADAR SELATAN — PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Jeneponto mengumumkan sembilan instansi pemerintah di wilayah kerjanya yang menunggak pembayaran listrik. Tunggakan tersebut sudah terjadi selama tiga bulan terakhir dan telah mencapai Rp 200.528.340.

Manager PT. PLN Rayon Jeneponto melalui Kepala Bagian Analisis Kinerja, Baseng mengungkapkan, tunggakan tersebut membuat PLN mengalami kerugian yang cukup besar. Menurutnya, berdasarkan aturan tunggakan listik seharusnya batas maksimal tunggakan hanya satu bulan.

“Sementara ini sudah lebih dari tiga bulan, sudah melewati batas toleransi. Untuk itu kami berencana melakukan pemutusan aliran listrik mulai 1 April nanti. Waktu yang tersisa kami berikan kesempatan untuk menyelesaikan tunggakannya ” tegas Baseng ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Secara keseluruhan, lanjut dia, tunggakan listrik di Kabupaten Jeneponto saat ini telah mencapai lebih dari Rp 1 miliar. “Ini juga akan kita evaluasi dan akan kita berikan waktu untuk menyelesaikan tunggakannya. Kalau tidak, terpaksa kita lakukan pemutusan (aliran listrik),” imbuhnya.

Ketua DPRD Jeneponto, Muh Kasmin yang dikonfirmasi menjelaskan, hal tersebut bukanlah tunggakan tapi lebih kepada keterlambatan pembayaran. Alasannya, APBD tahun ini masih dalam tahap verifikasi di tingkat provinisi sehingga belum dapat digunakan.

“Kita akan upayakan segera (bayarkan), dan insya Allah tidak sampai pada pencabutan (listrik). Kita akan secepatnya berkordinasi dengan pihak PLN,” teangnya.

Senada, Kabag Humas Setdakab Jeneponto, Din Hajad Kurniawan mengatakan, tunggakan disebabkan keterlambatan pengesahan APBD pokok. “Ini pasti dampak dari APBD karena anggaran mereka bayarkan dari ABPD sesuai daftar DPA-nya masing-masing, apalagi APBD belum rampung juga sampai sekarang,” ujarnya. (ded/man/b)

 

#Daftar Tunggakan Listrik Instansi Kabupaten Jeneponto
Periode Desember 2015 s/d Februari 2016:

Instansi                                             Total
1. RSUD Lanto Dg Pasewang         Rp 76.522.680
2. Kantor Dinas Kesehatan            Rp 42.066.000
3. Gedung DPRD                             Rp 38.120.019
4. Kantor Dinas Perhubungan       Rp 7.675.144
5. Kantor Panwaslu Kabupaten     Rp 4.692.562
6. Aula Dinas PU                              Rp 12.625.079
7. Kantor KIMPRASDA                  Rp 6.842.518
8. Kantor DEP Koperasi                 Rp 3.363.284
9. Gudang Farmasi                         Rp 8.621.054

Jumlah :                                           Rp 200.528.340

*Sumber: Kantor PLN Rayon Jeneponto.

To Top