Bupati Sinjai Serahkan LKPJ TA-2015 – Radar Selatan

Radar Selatan

Sinjai / Selayar

Bupati Sinjai Serahkan LKPJ TA-2015

SINJAI, RADAR SELATAN — Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) terkait pelaksanaan pemerintahan daerah tahun anggaran 2015 kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Sinjai pada rapat paripurna yang digelar, belum lama ini.

LKPJ kepala daerah kepada DPRD dan informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah daerah kepada masyarakat ini diatur pada pasal 27 Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2011 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan daerah kepada masyarakat.

H. Sabirin Yahya menyampaikan laporan ringkasan pendapatan, belanja dan pembiayaan Kabupaten Sinjai pada tahun 2015 lalu setelah perubahan, diantaranya target pendapatan daerah yang awalnya sebesar Rp 987 miliar terealisasi 1,086 triliun atau 100,08 persen.

Pendapatan tersebut terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 75,5 miliar, dana perimbangan sebesar Rp 721,961 miliar dan pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp 288,891 miliar.

Begitu juga dengan target belanja daerah yang awalnya ditargetkan sebesar Rp 1,073 triliun, terealisasi sebesar Rp926,6 miliar atau sebesar 86,33 persen.

Bupati juga merincikan dalam pembelanjaan tersebut terdiri dari dua jenis belanja, yakni belanja tidak langsung sebesar Rp 488 miliar dan belanja langsung sebesar Rp 438 miliar.

Selain itu Bupati juga menjelaskan tentang penyelenggaraan urusan-urusan pemerintahan yang terdiri dari 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan, baik itu program-program kerja yang dilaksanakan masing-masing SKPD selama tahun 2015, prestasi yang diraih maupun hasil capaian dari program tersebut.

“Kita patut bersyukur karena dari semua upaya yang telah kita lakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah hingga hari ini telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sinjai. Semua kemajuan, prestasi dan pencapaian yang kita raih adalah prestasi pemerintah, DPRD dan seluruh rakyat Sinjai,” ujarnya.

Rapat paripurna ini dirangkaikan dengan penyerahan kembali Ranperda tentang Pemerintahan Desa dari DPRD Sinjai ke Bupati Sinjai dan telah disahkan menjadi perda. Rapat ini turut dihadiri seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sinjai,  unsur forkopimda, Sekertaris Daerah Sinjai, Para Asisten, Para kepala SKPD dan kepala Bagian setdakab Sinjai, para camat, lurah, tokoh masyarakat, LSM serta undangan lainnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!