BNI Turunkan Bunga Kredit Usaha Segmen Kecil – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

BNI Turunkan Bunga Kredit Usaha Segmen Kecil

#Alkab: Dorong Pertumbuhan, Terapkan Bunga 9,95 Persen

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Untuk mendorong pertumbuhan usaha segmen kecil maka sejak 1 April 2016 BNI menurunkan suku bunga kredit segmen kecil Non KUR menjadi 9.95%. Hal ini diungkapkan Pemimpin BNI Cabang Bulukumba, Alkab Mansyur kepada RADAR SELATAN, kemarin.
Menurut Alkab, kredit segmen kecil non KUR ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang membutuhkan tambahan modal kerja bagi pengembangan usahanya karena tarif bunga ini sangat murah. “Saat ini rata-rata bunga kredit di pasar masih di atas 9,95 persen,” ujar Alkab.
Ia menambahkan, penurunan bunga kredit ini merupakan komitmen dan tindakan konkrit serta wujud kepedulian BNI dalam menumbuhkan usaha kecil. “Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya,” jelas Alkab.
Sebelumnya, Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Slamet Djumantoro, mengemukakan penerapan bunga single digit tersebut merupakan tahap awal dari rangkaian rencana perseroan dalam memangkas bunga kredit seluruh segmen yang bakal disalurkan.
Menurutnya, langkah tersebut juga mengacu pada surat OJK NoS-17/D.03/2016 yang kemudian diimplementasikan perseroan dengan mulai menerapkan bunga single digit secara efektif mulai awal bulan ini.
Sekadar diketahui, operasional dan pelayanan BNI Wilayah Makassar mencakup Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku yang diestimasi mampu mencatatkan pertumbuhan kredit hingga 15 % untuk tahap awal penerapan bunga single digit.
Menurut Slamet, penerapan single digit ini diharapkan mampu dioptimalkan pelaku UMKM dengan fasilitas kredit dengan bunga rendah yang memungkinkan profit margin bisa makin besar.
“Sehingga peluang untuk mengembangkan usaha makin terbuka,” katanya.
Untuk tahap berikutnya, papar Slamet, penerapan single digit akan diberlakukan juga untuk Kredit Produktif Segmen Kredit Menengah maupun Konsumtif paling lambat Desember 2016. (una)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!