Disbudpar Fokus 14 Objek Wisata – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Disbudpar Fokus 14 Objek Wisata

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Sebanyak 14 objek wisata yang terdiri dari wisata bahari, permandian alam, wisata budaya dan agro wisata akan mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah.
Kepala Seksi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba, Farida menjelaskan bahwa ke 14 objek wisata itu berpeluang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Khusus wisata bahari, pihaknya memiliki enam lokasi masing-masing Pantai Tanjung Bira, Mandala Ria, Apparalang, Samboang, Lemo-Lemo dan Pulau Liukang Loe.
“Potensi ini yang akan dipromosikan agar bisa meraup PAD lebih dibanding tahun lalu,” kata Farida, baru-baru ini.
Dia melanjutkan, potensi lain dari sektor permandian yang akan dimaksimalkan adalah wisata sumur panjang di Hila-hila, permandian alam Rilau Ale dan Danau Kahayya. Permandian tersebut sudah masuk dalam wisata induk di Kabupaten Bulukumba.
Selain itu, kata Farida, wisata budaya juga tidak kalah penting untuk dipromosikan. Pasalnya di Kabupaten Bulukumba terdapat empat wisata budaya dan religi yakni, Makam Dato Ri Tiro, Kawasan Adat Kajang, Puncak Pua Janggo’, pembuatan Perahu Tradisional Phinisi di Kecamatan Bontobahari.
“Kami juga akan maksimalkan potensi agro wisata di perkebunan karet,” jelasnya.
Namun pihaknya juga mengakui masih banyak potensi wisata di Kabupaten Bulukumba yang belum dipromosikan secara maksimal. Pasalnya, anggaran wisata yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2016 hanya 192 juta. (*)

 

REPORTER: MUHAMMAD RIZAL
EDITOR: HASWANDI ASHARI

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!