Kader UKS MAN 1 Ikuti Pelatihan – Radar Selatan

Radar Selatan

Pendidikan

Kader UKS MAN 1 Ikuti Pelatihan

BERSAMA. Nampak siswa MA GUPPI Gunturu menyempatkan diri berfose dengan guru pembimbingnya. Setelah melaksanakan UN dihari ketiga yang di tempatkan di MAN 1 Bulukumba di Kecamatan Bulukumpa, Rabu 6 April lalu.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba menggelar pelatihan kader Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). UKS sebagai salah satu organisasi ekstrakurikuler yang melatih siswa bagaimana cara menangani orang yang sakit.
Ketua Panitia Pelaksana, Siti  Hamzah, Selasa, 12 April mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada siswa, khusunya bagi kader UKS. Mereka dilatih bagaimana mengemban tanggung jawab.
“Kami berharap para siswa khususnya anggota UKS, lebih paham tanggung jawab mereka apa, misalkan saat ada temannya yang sakit, mereka tidak perlu dicari lagi terkait penanganannya,” kata dia.
Kegiatan tersebut mengahdirkan pihak pemateri dari Kanwil dan Puskesmas setempat. Sedang pesertanya 40 siswa yang merupakan kader UKS.
Dia mengatakan, inti materi yang disampaikan oleh pembicara pada kegiatan tersebut adalah bagaimana menjaga kesehatan lingkungan, kesehatan siswa sendiri. Itu bisa dicapai jika UKS ini mampu menjalankan perannya.
Dia mengaku, pelatihan tersebut merupakan kegiatan lanjutan. Pasalnya, kegiatan itu pernah diselenggarakan pada 29 Maret namun sempat terpending.
“Kader UKS ini kedepannya bisa bersinergi dalam proses kerjanya dengan PMR, misalkan dalam pemberian pertolongan pertama di sekolah,” kata dia.
Salah seorang siswa yang merupakan kader UKS, Yuli mengatakan bahwa kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan mereka terkait hidup sehat dan penaganannya.
“Dengan adanya pelatihan ini kami paham mengenai tugas kami sebagai kader UKS. Ditambah lagi dengan materi-materi yang memang  fokus pada kesehatan khususnya P3K,” kata dia.
Dia berharap kedepannya, UKS tetap dapat bimbingan dan dikontrol, agar lebih paham lagi terkait tugas dan fungsi UKS itu sendiri. (ria/jas/b)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!