La Tinro Harusnya Sudah Bergerak – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

La Tinro Harusnya Sudah Bergerak

PEMILIHAN Gubernur (Pilgub) Sulsel kian hangat dan seksi untuk didiskusikan oleh kalangan politisi, birokrat, pengusaha, hingga tokoh pemuda di Sulsel. Bahkan pembicaraan tentang Pilgub Sulsel telah terdengar hingga tingkat nasional.
Isu tentang mengusung dan mendukung Pilgub Sulsel pun tak luput dari pembicaraan kalangan tokoh Sulsel yang kini telah berkarir ditingkat nasional. Padahal ketika ditelisik lebih dalam, pesta demokrasi lima tahunan tersebut masih menyisakan waktu kurang lebih 2 tahun ke depan.
Mengingat salah satu provinsi yang menjadi lumbung suara nasional pada pemilu adalah Sulsel sehingga alasan tersebut rupanya tak membuat Partai politik (Parpol) untuk gencar melakukan sosialisasi kader internal yang akan diusungnya pada perhelatan demokrasi terakbar di Sulsel tersebut.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang merupakan partai penguasa saat ini tak ingin ketinggalan. Bahkan, PDIP saat ini sedang panas-panasnya mensosialisasikan ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri, sedang yang sedang naik daun pada Pemilu 2014 lalu yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang mempopulerkan Akbar Faisal dan Luthfi A Mutty.
Khusus untuk partai yang memilih oposisi saat ini, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sendiri memiliki beberapa kader terbaik antara lain La Tinro La Tunrung mantan bupati Enrekang sekaligus Ketua DPD Gerindra Sulsel, Azikin Solthan mantan bupati Bantaeng, Andi Nawir mantan bupati Pinrang, dan Rudiyanto Asapa mantan bupati Sinjai.
Gengsi Pilgub Sulsel ini pun tak membuat figur dari kalangan birokrat seperti Nurdin Abdullah telah gencar melakukan sosialisasi sebagai bentuk keseriusan maju pada Pilgub, hal tersebut tampak berbeda dengan apa yang dilakukan oleh ketua DPD Gerindra Sulsel, La Tinro La Tunrung yang tampaknya masih adem untuk tidak pro aktif dalam melakukan sosialisasi Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Andi Iwan Aras mengatakan ada beberapa nama kader internal Gerindra yang memiliki kapasitas untuk diusung maju pada Pilgub Sulsel mendatang. Oleh karena itu, kata dia, nantinya untuk menentukan siapa yang akan diusung partai Gerindra Sulsel akan dilakukan penjaringan dengan mekanisme standar.
“Untuk kader internal Gerindra sendiri memiliki beberapa kader internal yang punya kapasitas, sehingga nantinya akan dilakukan penjaringan dengan mekanisme standar seperti hasil survei dan elektabilitas,” kata Iwan.
Ia menambahkan, ketua DPD Gerindra Sulsel, La Tinro La Tunrung memiliki kapasitas yang kuat untuk diusung partai. Meski demikian, hal tersebut tidak serta merta nantinya akan mendapat restu untuk diberikan rekomendasi.
“Kalau berbicara masalah peluang, yah tentu Pak La Tinro memiliki peluang yang besar karena secara struktural Pak La Tinro adalah ketua DPD di Sulsel, tapi tentunya hal itu belum bisa memastikan Pak La Tinro akan diusung,” ujarnya.
Selain itu, kata Andi Iwan, mestinya ketika La Tinro La Tunrung benar serius akan maju pada Pilgub Sulsel maka harus melakukan sosialisasi secepatnya. Menurutnya, minimal Tim La Tinro La Tunrung sudah mesti jalan.
“Saya harap ketika Pak La Tinro benar serius mau maju maka perlu melakukan sosialisasi secepatnya, yah minimal dalam acara internal seperti pelantikan DPC, kalaupun tidak mau melakukan sosialisasi secara langsung maka minimal Timnya sudah jalan,” ucapnya.
Terkait dengan adanya bakal calon yang akan maju pada Pilgub Sulsel yang mengklaim Partai Gerindra, Andi Iwan mengatakan akan tidak ingin mengomentari hal tersebut. Menurutnya, setiap bakal calon punya hak untuk mengklaim hal tersebut.
“Ah itu sudah biasa, klaim dukungan itu adalah hak setiap orang, tapi perlu diketahui untuk mendapat rekomendasi itu tidaklah mudah,” ujarnya. (fjr)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!