Perangi Narkoba, Kodim 1411 Gelar Tes Urine – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Perangi Narkoba, Kodim 1411 Gelar Tes Urine

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Kodim 1411 Bulukumba mulai bergerak melawan narkoba. Jumat 14 April kemarin,  prajurit TNI AD di lingkup Kodim 1411 Bulukumba menjalani tes urine sebagai wujud komitmen terhadap perang melawan  narkoba. Tes urine ini dilakukan secara mendadak  terhadap 116 personel TNI serta PNS di Kodim Bulukumba.
Pelaksanaan tes urine digelar di Aula Kodim 1411 bekerja sama dengan pihak RSUD Andi Sultan Daeng Raja. Tes urine berjalan lancar di bawah   pengawalan ketat Provost dan Denpom Bantaeng. Di sela-sela pelaksanaan tes urine, Dandim 1411 Bulukumba Letkol ARH Budi Laksana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi kebijakan Pangdam IV Wirabuana untuk melaksanakan pembersihan terhadap aparat TNI.
Selain itu, pengecekan urine  merupakan bentuk Pengamanan Tubuh (Pam Tubuh) satuan yang bertujuan agar seluruh prajurit terbebas dari berbagai macam masalah narkoba, sehingga pengecekan awal serta konsultasi diperlukan sebagai rasa peduli terhadap penyebaran narkoba yang saat ini merupakan masalah bersama yang harus diatasi.

“Jika hasil tes urine terbukti ada anggota yang positif mengkonsumsi narkoba, yang bersangkutan bakal diberi sanksi hukum atau sanksi pemecatan,” tegas Budi Laksana.

Dandim berpesan agar aparat TNI tidak  mudah terpengaruh  narkoba. “Saya ingatkan lagi jangan dekati narkoba, karena bila sudah kecanduan ekonomi akan hancur dan kehidupan rumah tangga pasti berantakan,” ujarnya. Tes urine kata Dandim di lakukan secara bertahap karena jumlah anggota Kodim secara keseluruhan 187 orang.  Tentara  yang  tidak ikut kali ini akan dites di kemudian hari.

Dijelaskan, tes urine yang dilakukan secara mendadak ini, sebagai salah satu langkah untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di tubuh prajurit, serta diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat sebagai bentuk perlawanan terhadap peredaran narkoba.Tidak hanya di tubuh TNI, tes urine di setiap sektor juga akan segera dilakukan demi pembasmian narkoba termasuk tes urine bagi para PNS.

Sementara itu Direktur RSUD Andi Sultan Daeng Raja, dr Wahyuni, mengatakan  sampai saat ini pihak dokter masih memeriksa hasil tes urine para prajurit. Hasil tes urine baru bisa diketahui beberapa hari ke depan dan akan diserahkan ke Dandim untuk membuktikan siapa oknum anggota TNI yang positif menggunakan narkoba.

“Kita belum keluarkan hasilnya masih sementara dokter cek, namun dari beberapa yang sudah dicek belum  ada yang ditemukan positif,” kata dr Wahyuni. (one)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!