IOF Sulsel Lirik Potensi Wisata Kahayya – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

IOF Sulsel Lirik Potensi Wisata Kahayya

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Pengurus Indonesia Off-road Federation (IOF) Sulsel bersama pemerintah daerah (pemda) Bulukumba, berencana akan mengunjungi obyek wisata danau yang terletak diatas gunung Desa Kahaya, Kecamatan Kindang, Bulukumba. Kunjungan rombongan IOF tersebut menjadi awal rencana pembukaan akses jalan menunju wisata baru di Kabupaten yang berjuluk Bumi Panrita Lopi.

Rombongan IOF sendiri akan dipimpin langsung wakil gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, yang mengawali start dari kota Makassar melewati Malakaji, Gowa, dan finish di Desa Kahayya bulan Mei mendatang. Rencana ini merupakan bentuk perhatian IOF terhadap obyek wisata yang yang potensial dan menjanjikan seperti yang dimiliki oleh Bulukumba. Sebelumnya, pengurus IOF sudah menjelajahi beberapa daerah di Sulsel. Diantaranya, dari Kabupaten Toraja ke Kabupaten Luwu.

“Iya, rencana kita kunjungi Kahayya. Tim sudah melakukan survey kesana, termasuk lintasan jalan. Katanya, di Kahayya ada wisata danau,” ujar ketua IOF Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, seusai melantik pengda IOF Bulukumba di lokasi lomba Off-road Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang, Minggu 17 April kemarin.

Menurutnya, daerah Bulukumba memiliki banyak potensi obyek wisata yang layak, Ammatoa Kajang, pohon karet dan Tanjung Bira. Hanya saja, selama ini perhatian lebih banyak ke Bira yang identik dengan pasir putihnya. Padahal, jika dikelola dengan baik, maka akan tidak kalah menarik, sehingga berharap kunjungan IOF nanti menjadi awal perhatian pemerintah daerah guna mengelola wisata danau yang berada diatas gunung Kahayya.

“Kami harap Kahayya bisa seperti daerah lain. Jangan hanya bira menjadi obyek wisata semata. Bulukumba memiliki banyak potensi wisata yang menjanjinkan. Ini harus dikelola baik, dan promosi biar lebih kenal lagi,” jelas Wakil Gubernur Sulsel dua periode ini.

Dia menambahkan, sejauh ini, akses menuju Kahayya hanya bisa dilalui kendaraan bermotor atau jalan setapak. Sehingga kunjungan kesana paling tidak bisa diketahui bagaimana sulitnya warga, maka pembukaan akses memungkinkan dilakukan guna membantu masyarakat. Bahkan, bukan hanya Kahayya melainkan obyek wisata di daerah lain juga akan menjadi kunjungan IOF, membantu warga membuka jalan, sebab IOF sendiri menjadi wadah sosial. Beberapa daerah sudah terbentuk, salah satunya Bulukumba yang mulai berkembang. “Iya, kita membantu masyarakat, paling tidak kunjungan bisa kita rasakan bagaimana sulitnya kesana. Makanya, pengurus IOF bersedia kesana. Kita bermalam diatas gunung,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, merepons positif terhadap rencana pengurus IOF akan melakukan kunjungan ke desa Kahayya. Menurutnya, kegiatan off-road merupakan olahraga yang gila, karena selain membutuhkan tenaga dan nyali yang kuat, kegiatan off-road juga membutuhkan kemampuan uang banyak, namun selalu mendukung agar kedepan bisa menjadi lebih baik, dan bisa melahirkan pembalap yang bisa membanggakan Bulukumba. Meski sudah ada beberapa warga Bulukumba mewakili Indonesia diajang balap seperti motor. “Kami mendukung positif kegiatan off-road ini. Kami berharap lewat off-road bisa melahirkan pembalap yang hebat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengda IOF Bulukumba, Muh Ruslan, yang baru saja dilantik  menambahkan, kehadiran IOF di Bulukumba menjadi wadah bagi warga di daerah ini. Selain IOF, ada beberapa komunitas sudah terbentuk sebelumnya, seperti motor cross, sepeda dan mobil. Namun, dia berharap pasca pelantikan pengurus IOF akan semakin solid, bahkan berencana akan kembali menggelar kegiatan kedepannya. “Kami selalu berharap arahan dari pak ketua IOF Sulsel, menunggu petunjuknya. Yang jelas kami yakin setelah dilantik pengurus IOF akan semakin solid,” ujar dia.

Dalam pelaksanaan Offroad yang dilaksankan di Kelurahan Jalanjang kemarin, sebanyak 45 peserta Offroad bertarung untuk memperebutkan piala Bupati Bulukumba serata uang pembinaan sebesar 5 Juta rupiah yang sebelum pelaksanaan pada 16 April kemarin, Bupati Bulukumba A. Sukri bersama navigatornya Letkol ARH Budi Laksana  dan Wakil Bupati Tomy Satri Yulianto bersama navigatornya Safiuddin melakukan Tes Drive di arena Offroad.

Dalam uji Drive tersebut Tomy berhasil mengalahkan A. Sukri dengan perbedaaan waktu sebanyak 21 detik. (*)

REPORTER: AKBAR WHYUDI
EDITOR: RISKANDI NUR

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!