14 Ribu KK Miskin Tak Terdata – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

14 Ribu KK Miskin Tak Terdata

SERAHKAN. Wakil Bupati Bulukumba menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Jumat 21 April kemarin di kantor pos.

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Kabupaten Bulukumba memiliki 34 ribuan Kepala Keluarga (KK) tergolong miskin yang tersebar di sepuluh kecamatan. Namun, yang terdata hanya 20.194 KK saja.
Sehingga, tersisa 14 ribu lainnya belum didata Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Bulukumba dan tidak rela tidak mendapat bantuan dana tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2016.
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Bulukumba, Abd Rahman mengakui masih ada sekira puluhan ribu kepala keluarga yang belum terdata.
“Jadi data yang kami berikan masih 2011. Nanti kita akan lakukan pembaruan,” katanya Abd Rahman.
Sebanyak 20.194 KK, lanjut dia, selain berhak mendapatkan layanan kesehatan dan pendidikan secara gratis, juga akan mendapatkan bantuan uang tunai atau dana stimulan dari pemerintah.
“Yaitu bantuan tetap senilai Rp500.000 per Keluarga Sangat Miskin (KSM) pertahun, bantuan komponen kesehatan bagi ibu hamil Rp1 juta, jika memiliki anak usia SD mendapatkan bantuan  Rp450.000/tahun, anak usia SMP Rp750.000/tahun, anak usia SMA Rp1 juta/tahun,” tambahnya.
Setiap KSM berhak mendapatkan bantuan minimal Rp950.000/tahun dan maksimal Rp3,7 juta/tahun. Bantuan tersebut, bakal diberikan dalam empat tahap yaitu pada Maret, Juni, September, dan Desember. “Anggaran yang dibagikan khusus di bulukumba sebanyak Rp2,376 miliar,” ujarnya.
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria mendesak Kadis Sosial untuk secepatnya melakukan pembaruan data jumlah KK miskin di Bulukumba. Mengingat bantuan ini hak mereka, tanpa pengecualian.
“Kepada 20.194 KK yang mendapatkan bantuan ini, agar dipergunakan sebaik-baiknya. Jangan sampai pas diterima langsung habis,” tutupnya. (awa/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!