DAK Dikurangi 10 Persen, Bupati Pusing – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

DAK Dikurangi 10 Persen, Bupati Pusing

Bupati Bulukumba, A M Sukri Sappewali

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Kabupaten Bulukumba, dipastikan kehilangan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 19 miliar.
Bupati Bulukumba, A M Sukri Sappewali mengaku, DAK untuk daerah ini sebanyak Rp 190 miliar, namun dengan adanya kebijakan pemerintah pusat yang mengurangi 10 persen, tentu membuat daerah ini kehilangan anggaran sebanyak Rp 19 miliar.
“Kita pusing, padahal anggaran itu sangat penting untuk pembangunan infrastruktur. Makanya, kita akan hitung ulang di perubahan nanti. Sekarang yang penting-penting saja dulu kita akan melakukan menyusun ulang anggaran DAK,” ujarnya, Selasa, 26 April.
Makanya, lanjut dia, untuk menindaklajuti surat edaran Menteri Keuangan, A M Sukri akan melakukan musyawarah dengan jajaran SKPD yang bakal terkena imbas aturan tersebut. Karena pengurangan DAK tersebut khusus untuk kegiatan proyek fisik saja.
Kepala Bidang (Kabid) Anggaran, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Bulukumba, Muhammad Rifai menyebutkan, ada 12 Satuan Kerja Prangkat Daerah (SKPD) terkena imbasnya. Ke-12 SKPD tersebut yakni, Dinas Kesesehatan, RSUD Sulthan Daeng Radja, Disdikpora, Dinas PU Bina Marga, Dinas PSDA, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, Dishubkominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, dan Dinas Perdagangan.
Pengurangan DAK menurut Rifai, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 10 Tahun 2016 Tentang pengurangan DAK, seluruh wilayah Indonesia mendapatkan pengurangan sebesar 10 persen atau sebesar Rp 19 Miliar dari total anggaran yang sebelumnya berjumlah Rp 190 miliar.
“Bukan hanya di Bulukumba, namun seluruh wilayah Indonesia, terjadi penguran DAK, sehingga memang berdampak pada pembangunan, jadi wajar kalau Bupati merevisi program yang bersumber DAK, karena jika tidak direvisi pasti berdampak pada kurangnya volume pembangunan hingga terbengkalai,” jelasnya.(awa/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!