14 Sekolah Raih Penghargaan Nasional – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Pendidikan

14 Sekolah Raih Penghargaan Nasional

Ilustrasi

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Sebanyak 14 sekolah di Kabupaten Bulukumba meraih penghargaan Tingkat Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI serta dari Kementerian Lingkungan Hidup.
Perhargaan itu diserahkan langsung Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Senin, 2 April 2016, di Lapangan Pemuda Bulukumba.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bulukumba, HA. Akbar Amier menjelaskan bahwa perghargaan Kemendikbud diberikan bagi tujuh sekolah dengan indeks integritas penyelenggara ujian nasional tertinggi.
“Yakni SMKN 1, SMAN 6, MA Pondok Pesantren Darul Ulum, SMPN 1, SMPN 2, MTSN Bontotanga, dan MTS Pabbaeng-baeng,” sebutnya.
Sedangkan tujuh lainnya, lanjut dia, dari Menteri Lingkungan Hidup sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2015 yakni, SDN 2 Terang-terang, SDN 181 Kasuara, SDN 234 Mattieowalie, SMPN 2, SMPN 29, SMPN 6, dan SMKN 1.
Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali mengapresiasi hal tersebut. Namun di luar dari itu, ia masih melihat ada tiga tantangan utama yang harus dilalui pendidikan di Bulukumba yakni, mutu pendidikan, akses pendidikan, dan kualitas guru.
“Kemendikbud akan mengubah pola pendidikan dari 3R yaitu Read, (baca) arithmetic (Hitung), tulis (Written) ke 4C, yakni creative (Kreatif), communication (Komunikasi) critical thinking, (Pemikiran) dan cooperation (Kerjasama). Dan itu kita akan adopsi,” kata Sukri.
Untuk kualitas guru, lanjut dia, mulai tahun ini Kemendikbud akan melakukan penilaian tentang kompetensi guru yang prosesnya dimulai sejak akhir tahun lalu. Penilaian ini penting untuk memetakan tenaga pengajar, agar kedepanya pendidikan Bulukumba bisa lebih baik dari sebelumnya.
“Guru kedepanya harus lebih kreatif dalam menjawab tantangan pendidikan kedepan, metode pembelajaran harus diubah, jangan sampai siswa lebih cerdas dibandingkan guru,” ujarnya. (awa/wan)

To Top