Rekam Polisi Pungli, Warga Dijanji Rp500 Ribu – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Rekam Polisi Pungli, Warga Dijanji Rp500 Ribu

RADARSELATAN.CO.ID, BANTAENG —  Kapolres Bulukumba, AKBP Selamat Riyanto, akan memberikan hadiah terhadap warga yang berhasil merekam oknum anggota sedang melakukan pungutan liar (pungli) sebesar Rp500.000. Bahkan, masyarakat tak perlu khawatir karena Kapolres menjaminan keamanan bagi pelapor sepanjang bukan rekayasa.
Aksi percaloan dan pungli sendiri marak terjadi, khususnya dibagian satuan lalulintas (lantas), samsat dan reserse. Sebab, memberikan pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Rawan dimanfatkan oknum yang tak bertanggungjawab. Hanya, launcing pelayanan prima Polres Bulukumba bebas dari percaloan dan pungli diharapkan mampu menekan maraknya pungli selama ini. “Iya, kita sudah programkan bebas pungli dan percaloan. Semua warga berhak melaporkan, kalau menemukan ada pelanggaran dibawah,” ujarnya, pekan lalu.
Menurutnya, program bebas pungli merupakan kebijakan bapak presiden mengingat banyaknya sorotan terhadap instuti pemerintah, termasuk lingkup kepolisin. Sehingga kehadiran bebas percaloan dan pungli ini bisa menekan dibanding sebelumnya. Polres memberi ruang bagi warga merekam dan melaporkan, selanjutnya akan diberi hadiah uang sebesar Rp500 ribu.
Hanya saja, uang tersebut bukan ada maksud lain, murni sebagai bentuk keterlibatan dalam pengawasan saja terhadap kepolisian. ” Polri siap bersih-bersih. Nah, kita awali dari disini. Ini kan banyak menjadi sorotan,” jelasnya.
Dia mengaku, tidak ingin bebas percaloan dan pungli hanya menjadi slogan semata saja. Namun, harus ditegakkan dilapangan, menindak anggota yang terbukti melakukan pungli, dan memberikan sanksi disiplin jika terbukti bersalah. Diakui, hingga kini pungli masih marak terjadi, khususnya dibagian Lantas, Samsat dan Reserse.
Dengan kehadiran program baru ini paling tidak anggota mulai was-was bagaimana tidak berani melakukan lagi. Tujuan lain juga mempercepat proses pelayanan terhadap warga, kemudian menyemangati anggota dalam bekerja. ” Pasti ada sanksi diberikan. Tapi, paling tidak, langkah awal memberi rasa was-was bagi anggota dulu,” katanya.
Sementara itu, Kasatlantas Polres Bulukumba, Iptu Harinah Azis, membenarkan masih adanya pungli dibagian Satlantas. Hanya menurut dia, pihaknya siap melakukan perubahan secara bertahap. Apalagi, program baru yakni pelayanan prima Polres Bulukumba bersih dari percaloan dan pungli menjadi isntruksi pimpinan, maka sudah pasti sebagai bawahan harus menjalankan.
“Iya, memang masih ada pungli dibawah. Tapi, kita akan lakukan secara bertahap. Bagaimana pungli dan percaloan dihentikan. Ini sudah menjadi instruksi pimpinan, pasti kita jalankan,” ujar dia. (one/ris)

To Top