Pedagang di Bira akan Direlokasi – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Pedagang di Bira akan Direlokasi

RADARSELATAN.CO.ID, BULUKUMBA — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, akan segera melakukan relokasi terhadap para pedagang di Pantai Bira.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba, Djunaedi Abdillah mengatakan, dalam relokasi tersebut pihaknya akan bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamog Praja (Satpol PP). Tercatat sebanyak 59 pedagang yang berada di sepanjang jalan masuk Bira, tempat digunakan para pedagang tersebut merupakan lahan parkir disediakan pemerintah sejak 2014 silam.
“Sudah ada lahan dan gerobak yang disiapkan, makanya harus segera terealisasikan setelah ada lahan parkir yang telah disiapkan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD),” ujarnya.
Selain di sepanjang jalan, kata Djunaedi, pihaknya juga akan merelokasi seluruh pedagang yang berada di sepanjang bibir Pantai Bira sebanyak 86. “Lapak yang ada didepan mess Pemkab akan renovasi termasuk mess kita bongkar untuk membangun lapak untuk ditempati penjual setelah lapak di bibir pantai kita bongkar,” ujarnya.
Pedagang, Lanjut Djunaedi diperbolehkan berjualan di bibir pantai, asalkan lapak tidak dibangun permanen. “Nanti kita siapkan seperti tenda dari hasil kerjasama dengan pihak ketiga, seperti indofood dan sebagainya yang bisa dipindah-pindahkan,” ujarnya.
Djuanedi mengaku, tidak takut akan penolakan dari masyarakat, karena hal tersebut untuk kebaikan bersama. Yang selain menambah pendapatan daerah disektor wisata, juga menambah pendapatan masyarakat setempat karena akan semakin ramai dikunjungi.
“Penolakan pasti ada, tapi mau berbuat apa, ini demi kepentingan bersama, jangan karena ego, wisata kita hanya begitu-begitu saja,” ujarnya.
Kepala DPKD Bulukumba, Andi Mappiwali memgaku, akan segera merealisasi parkir setelah ada personil Kodim dan Kepolisian yang ditunjuk untuk membantu pengamanan parkir. “Paling lambat minggu ini akan kita realusasikan parkir, dan untuk tarifnya kita patok Rp 10 ribu perkendaraan,” ujarnya.
Anggota DPRD Bulukumba, Amiruddin yang dimonfirmasi enggan berkomentar terkait rencana relokasi. “Kita konfirmasi yang lain dinda, atau langsung komisi D,” singkatnya.
Anggota DPRD Lainnya, H Rudy Wachyudin mendukung penuh langkah pemerintah yang berencana membongkar lapak dibibir pantai bira yang dianggap sangat mengganguh dan menjadi penyebab biangnya sampah. Hanya saja, dia berharap ada tempat yang jelas bagi mereka yang akan dibongkar, terkhusus bagi PKL yang berada di pinggir jalan masuk.
“Saya setuju kalau di bibir pantai itu semua digusur, sangat manggangu, tapi kalau PKL di pinggir jalan, Pemkab harus menyiapkan tempat terlebih dahulu, agar pendapatan mereka tidak terganggu,” ujarnya.
Salah seorang warga bira, Syamsuddin yang dikonfirmasi mengaku, mendukung langkah pemkab untuk merelokasi para pedagang di sepanjang jalan dan pesisir pantai karen akan semakin menambah pundi-pundi rupiah jika bira semakin baik.
“Saya setujuji, apalagi ini demi kepentingan kami warga bira, karena apa yang mau dijual kalau bira kotor dan pasir putihnya hilang akibat para pedangang di pesisir pantai, kami pasti terima kalau demi kebaikan bersama,” ujarnya. (**)

Relokasi Bira

* Tercatat 59 pedagang di jalan masuk
* Tercatat 86 pedagang di bibir Pantai Bira
* Pemerintah Siapkan tempat khusus
* Pedagang diperbolehkan menjual di bibir pantai dengan catatan tidak dibangun lapak parmanen
* Relokasi dilakukan demi menciptakan Bira lebih indah

_______________________________
REPORTER: AKBAR WAHYUDI
EDITOR: RISKANDI NUR

To Top