Subhanallah Ini Baru Mantap..!! Polres Selayar Berlakukan Wajib Hafal Al-Quran Bagi Pelanggar Hukum – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Sinjai / Selayar

Subhanallah Ini Baru Mantap..!! Polres Selayar Berlakukan Wajib Hafal Al-Quran Bagi Pelanggar Hukum

DIBIMBING. Para tahanan di sel Polres Bulukumba mengikuti bimbingan rohani yang dipimpin Brigpol Alamsyah.

RADAR SELATAN.CO.ID KEPULAUAN SELAYAR — Sebuah inovasi ditempuh Polres Kepulauan Selayar dalam hal
penanganan kasus-kasus ringan atau pelanggaran yang sifatnya membutuhkan pembinaan.
Salah satunya bagi para pelaku miras. Mereka yang ditemukan minum minuman keras diberikan bimbingan. Selain diberi efek jera dengan kurungan 1×24 jam juga diberikan sanksi sosial.

Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Said Anna Fauza membenarkan sanksi sosial tersebut. Kata dia, bagi pelaku miras yang ditemukan, selain dikurung 1×24 jam, juga diberi sanksi sosial seperti bekerja bakti membersihkan lingkungan polres atau di lokasi fasilitasi umum/publik lainnya.

“Selanjutnya mereka wajib lapor dan setiap wajib lapor mereka diberi tugas untuk menghafal surah-surah pendek
khususnya yang beragama Islam, nanti hafal baru wajib lapornya dicabut. Bagi yang tidak bisa baca Al-Quran juga kami ajari baca Al-Quran oleh Bintara pendamping bernama Brigpol Alamsyah,” jelasnya.

Brigpol Alamsyah lanjut Said Anna Fauza, bertugas sebagai pembimbing rohani seperti mengajari membaca serta menguji hafalan Quran bagi tahanan dan wajib lapor.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa pembinaan berkesinambungan juga dilakukan kepada para tahanan dengan aktif shalat berjamaah dan memberikan ceramah keagamaan.

“Hal ini merupakan upaya pembinaan sehingga Polri tidak hanya memberikan efek jera tapi berperan dalam hal perubahan mental masyarakat. Ini searah dengan kebijakan Kapolri bahwa Polri adalah Pelopor Penggerak Revolusi Mental,” jelasnya.

REPORTER: FIRMAN RMM
EDITOR: HASWANDI ASHARI

To Top